272view

Santy Fidrianna, GURU DAN AKTIVIS CITIZEN JOURNALIST

Lahir dari keluarga yang memegang teguh adat Jawa, Santy Fidrianna tumbuh menjadi seorang perempuan yang teguh memegang kebiasaan dan norma adat di daerahnya.

Kini, di tengah pergulatan zaman yang serba maju, dirinya tetap mengutamakan pemaham an, bahwa manusia tidak akan mampu melepaskan diri dari tanggungjawab warisan budaya yang membesarkannya sejak lama.

Lahir pada tanggal 6 Nopember 1972 dari ayah Soetomo almarhum dan ibu Asiana almarhumah di Kota Malang Jawa Timur, ia di didik dalam lingkungan keluarga yang penuh kesibukan. Ayahnya yang pensiunan pegawai swasta, dengan ibu pensiunan pegawai PT Telkom Malang, menjadikan nya cepat tumbuh mandiri.

Santy, begitu sapaan akrabnya. Putri keempat dari empat bersaudara ini memiliki cita-cita besar dalam hidupnya. Menjadi guru adalah impian ibunda tercinta sejak kecil. Beliau ingin salah satu anaknya menjadi seorang pendidik. Alumni SMP Negeri 6 Kota Malang ini telah memenuhi keinginan ibundanya menjadi pendidik sejak menamat kan pendidikan menegah atasnya di SMA negeri 2 di kota yang sama pada tahun 1991.

Pada tahun 2006, alumni STIE Pusat Pengembangan Manajemen dan Teknologi Terapan (PPMTT) Malang tahun 1997 ini, memilih bakatnya sebagai profesi utama. SMK Telkom Malang menjadi tempatnya mengabdikan diri hingga kini. Pilihannya menjadi guru adalah cikal-bakal kesuksesannya di bidang pendidikan.

Bagi Anna, kesuksesan adalah sebuah bentuk apresiasi atas kepuasan yang dirasakannya saat berhasil mendidik siswa yang diajarinya di sekolah.

Tidak berpuas diri hanya dengan pendidikan di tingkat Strata 1, tahun 2015 lalu Anna pun melanjutkan pendidikan Pasca Sarjananya di Universitas Gajayana Malang. Disiplin ilmu manajemen adalah pilihannya untuk mengembangkan pengetahuannya saat ini, sama dengan jurusan yang diambilnya keti-ka menyelesaikan Strata 1 sebelumnya.

Menurut ibu dari Putri Liana Farigata dan Dewi Sania Chinensis ini, pendidikan adalah kunci dari proses mera ih masa depan. Baginya, sebagai seorang pen-didik, siswa-siswa yang dibimbingnya selama ini selalu diberi pemahaman untuk terus menggem bleng diri menjadi pribadi yang senantiasa memperkaya diri dengan pengetahuan.

Sebagai Kepala Urusan Promosi SMK Telkom Malang, ia harus banyak membangun komunikasi dengan para stakeholder untuk menjaga hubungan yang harmonis antara pihak sekolah dengan masyarakat.

Santy dan Dunia Jurnalistik

Sebagai seorang pemegang amanah di bidang promosi sekolah, guru mata pelajaran Entrepreneurship ini menjadi akrab dengan dunia jurnalistik. Hal ini jelas bersentuhan langsung dengan tugas-tugasnya sehari-hari.

Bagi Santy, dunia jurnalistik adalah dunia yang mengasyikkan. Aktivitasnya sebagai Kaur Promo sekolahnya, mendekatkan dirinya dengan dunia marketing yang dipelajarinya di kampus S2-nya sekarang di UNIGA MALANG.

Untuk menyempurnakan pengetahuan nya di bidang jurnalistik, Santy pun merasa perlu untuk mendalami seluk-beluk kewartawanan. Tahun 2011, Santy mulai mengenal organisasi yang menaungi para jurnalis dan pewarta warga (citizen journalist).

Akhirnya, Santy turut melebur dalam ke- giatan jurnalistik melalui organisasi yang bernama Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI). Sebuah organisasi kemasyarakatan yang intens menggerakkan dunia jurnalisme warga di hampir setiap daerah di tanah air.

Selain aktivitasnya sebagai guru, dan pewarta warga, tokoh pendidik yang memiliki hobi travelling, shopping dan kuliner ini, juga menyempatkan diri untuk menulis.

Sejak beberapa bulan lalu, aktivitas kejurnalistikannya mulai meningkat. Ditandai dengan kegiatannya sebagai salah seorang anggota dewan redaksi Jurnal Pendidikan & Budaya WARTA PENDIDIKAN ini.

Kini Santy terus memperdalam keterampilan-nya menulis. Pada berbagai kesempatan, diskusi-diskusi kepenulisan diikuti nya bersama tokoh penulis yang dikenalnya.

“Menulis adalah bagian penting yang mesti dimiliki setiap orang, dalam mendukung aktivitas dan profesi nya,” demikian ujar Santy yang tengah menyelesaikan tesis berjudul Analisis Stra tegik Competitive Marketing dalam Program PSB SMK Telkom Malang itu.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook