Akhiri Roadshow Pada Desember, P3SDM Melati Rancang Seminar Nasional dan Launching Buku Guru

By Redaksi 27 Okt 2017, 16:31:59 WIB Nasional
Akhiri Roadshow Pada Desember, P3SDM Melati Rancang Seminar Nasional dan Launching Buku Guru

Keterangan Gambar : Ilustrasi


Malang, WPdotCOM – Roadshow Kepenulisan KTI Guru yang digelar Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati di Jawa Timur telah memasuki bulan keempat.

Sejak pertengahan tahun ini, melalui unit kegiatan Sekolah Indonesia Menulis yang merupakan salah satu unit kerja P3SDM Melati, roadshow tersebut cukup positif disambut para pendidik di daerah tersebut. Kehadiran Sekolah Indonesia Menulis melalui workshop-workshop yang digelar per angkatan, diminati sebagian guru di Kota Malang.

“Kita memang pusatkan kegiatan roadshow ini di Kota Malang. Dengan pemusatan kegiatan, kita dapat melihat sejauhmana animo para pendidik dalam menerima program kepenulisan ini,” demikian diungkapkan Nova Indra, pimpinan P3SDM Melati pada hari Jumat (27/10) di Kota Malang.

Menurut Nova, pihaknya telah menjalankan pembinaan pada empat angkatan workshop yang seluruhnya berasal dari guru-guru di kota tersebut. Dari empat angkatan yang telah dibimbingnya itu, terlihat target roadshow cukup  menggembirakan.

“Sudah ada puluhan guru dan tenaga kependidikan yang kita bimbing di Kota Malang ini. Ke depan, masih ada 4 jadwal workshop yang akan kita buka hingga Desember mendatang,” terangnya.

Sementara itu, Santy Fidrianna Direktur P3SDM Melati yang membidangi Publikasi dan Penerbitan menyebutkan, hingga Desember nanti sudah ada 3 jadwal yang terisi untuk dibimbing oleh tim instruktur kepenulisan lembaganya.

“Kami sudah buka 3 angkatan lagi untuk dibimbing. Ada yang berupa private training dan classical training. Ini merupakan bagian dari tanggungjawab kami sebagai lembaga pengabdi di bidang peningkatan sumber daya manusia pendidik, khususnya pada bidang kepenulisan karya ilmiah,” jelasnya.

Masih menurut Santy, P3SDM Melati juga telah membicarakan rancangan kerjasama dengan pihak Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai leading sector pendidikan di daerah itu.

“Kita sangat mengapresiasi keterbukaan pihak Dinas Pendidikan pada program bimbingan kepenulisan yang kami gelar ini. Salah satu rencana kerjasama dalam waktu dekat adalah dengan menggelar Seminar Nasional Pendidikan dengan tema Saatnya Guru Menulis. Kegiatan tersebut dirancang kedua belah pihak untuk memotivasi aktivitas kepenulisan di kalangan pendidik. Dan jadwal seminar juga telah disepakati yakni pada tanggal 31 Desember 2017 nanti, yang sekaligus menjadi ajang peluncuran buku-buku guru yang telah terbit melalui unit penerbitan kami,” urainya.

Sebagaimana diketahui, P3SDM Melati sebagai lembaga yang bergerak secara nasional di bindang pemberdayaan kualitas pendidik di bidang literasi, telah melakukan banyak kegiatan di berbagai daerah di Nusantara, seperti daerah-daerah di Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jawa Tengah dan daerah lainnya di Indonesia bagian Timur. Aktivitas dan program yang digelar lembaga itupun cukup beragam. Mulai dari bimbingan kepenulisan karya ilmiah yang khusus diarahkan pada para pendidik, pembimbingan kepenulisan untuk pelajar, maupun pelatihan-pelatihan jurnalistik untuk kalangan profesional lainnya.

“Insya Allah ke depan akan kita lanjutkan dengan kegiatan-kegiatan yang lebih menunjang pemberdayaan pendidik di daerah-daerah di Indonesia,” pungkas Santy. (*/tim)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment