Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Tanah Datar Lakukan Konsolidasi Gerakan Keummatan

By Redaksi 24 Nov 2019, 08:12:51 WIB Daerah
Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Tanah Datar Lakukan Konsolidasi Gerakan Keummatan

Keterangan Gambar : Sejumlah Tkoh AMM Tanah Datar Saat Menggelar Konsolidasi (Dok. NA)


WPdotCOM, Batusangkar -- Angkatan Muda Muhmmadiyah (AMM) Kabupaten Tanah Datar, lakukan konsolidasi dan silaturrahmi.

Konsolidasi itu digelar dalam rangka membangun sinergi antar Organisasi Otonom (Ortom) dalam membangun Perserikatan Muhammadiyah di Tanah Datar. Berempat di salah satu pusat kuliner Batusangkar, Sabtu malam (23/11), sejumlah tokoh AMM tampak turut menghadiri.

Muhammadiyah adalah organisasi kegamaan terbesar di Indonesia. Yang mana, secara etimologis berarti orang-orang yang menjadi pengikut Nabi Muhammad. Nama Muhammadiyah berasal dari kata Muhammad, kemudian mendapatkan ya nisbah. Sedangkan secara terminologi berarti gerakan Islam, yang melaksanakan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar dan tajdid, yang bersumber pada al-Qur’an dan as-Sunnah.

“Sebagai organisasi dakwah, Muhammadiyah memang mengharapkan kader-kader muda untuk pelopor dan pelangsung amal usaha Perserikatan Muhammadiyah ke depan. Karna perjuangan di medan dakwah ini, perlu dilanjutkan, kata Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Tanah Datar yang diwakili oleh Razimal, S.HI.

Hal ini juga diamini oleh tokoh AMM Tanah Datar Aliardi. S.A.g. Menurutnya, ke depan untuk melanjutkan perjuangan di medan dakwah amar ma’ruf nahi mungkar tersebut, harus dilakukan dengan cara-cara yang terorganisir dengan masterplan yang jelas.

Ini penting kita pahami dengan tepat. Tanpa perencanaan yang matang, dakwah kebaikan tidak akan berjalan mulus,“ ujar tokoh yang merupakan alumni Kuliyatul Muballighien Muhammadiyah Padangpanjang itu.

Menurutnya lagi, seluruh AMM harus kembali kepada visi dan misi muhammadiyah. Karena sinergisitas akan terwujud dengan memegang teguh idiologi Muhammadiyah. Yang mana salah satu visi Muhammadiyah adalah sebagai gerakan Islam yang berlandaskan al-Qur’an dan as-Sunnah dengan watak tajdid, yang senantiasa istiqamah dan aktif dalam melaksanakan dakwah Islam di segala bidang. Sehingga menjadi rahmatan li al-‘alamin bagi umat, bangsa dan dunia, menuju terciptanya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya yang diridhai Allah SWT.

Di akhir pertemuan, Muharman. S.HI memimpin kegiatan tersebut mengutip Surat Ali Imran ayat 104 yang berbunyi: Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.

Ini adalah motivasi gerakan Muhammadiyah. Melalui pemahaman dan pendalaman yang benar, maka setiap gerakan dakwah yang dilakukan oleh AMM dan warga Persyarikatan, tentunya akan dihitung sebagai amal kebaikan,“ ujarnya. (*/na)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment