Bagaimana Membimbing Siswa di Kelas Baru?

By Redaksi 27 Jul 2018, 14:25:59 WIB Artikel Ilmiah
Bagaimana Membimbing Siswa di Kelas Baru?

WPdotCOM -- Guru harus mengetahui  ciri-ciri  siswa.  Siswa setelah naik kelas  di tahun ajaran baru, sebagai guru kelas, sebaiknya menanyakan dahulu pada guru kelas sebelumnya  tentang keberagaman siswa kelas baru yang diampunya.

Guru kelas   wajib mengetahui mana siswa  yang pintar dan yang cukup. Guru  tidak boleh meninggalkan siswa yang lebih pintar sebab siswa yang pintar tidak boleh diabaikan. Siswa pintar harus diberi motivasi baik belajarnya maupun cara bergaul dengan temannya.  Siswa  yang pintar diberi tugas belajar kelompok dengan temannya agar  tidak mengganggu KBM.

Siswa yang  diberi tugas beberapa kali tetapi  tidak dikerjakan harus diberi peringatan atau motivasi. Guru sebagai pendidik jangan terlalu galak atau memberi hukuman yang keterlaluan jika mereka melakuan kesalahan. Guru sebaiknya mengajak mereka belajar dengan santai tapi serius. Maka siswa akan dengan senang hati mengikuti pelajaran yang diberikan sang guru.

JIka siswa diberi tanggung jawab maka siswa tidak akan berfikir macam- macam. Guru harus memberi kesempatan pada mereka untuk mengeluarkan ide atau gagasan. Tidak membedakan antara yang pintar dan yang cukup. Setiap ada pelajaran siswa harus bisa mencari kesimpulan dengan cara sebelum pelajaran dimulai guru memberikan motivasi terlebuh dahulu.

Penulis : Enik Soriyati Guru SDN Ciptomulyo 1 Malang




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment