Bahasa Inggris, Perlu Dipertimbangkan Kembali Masuk dalam Kurikulum Sekolah Dasar

By Redaksi 31 Agu 2017, 21:15:06 WIB Suara Guru
Bahasa Inggris, Perlu Dipertimbangkan Kembali Masuk dalam Kurikulum Sekolah Dasar

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Bahasa inggris adalah sebagai bahasa internasional yang digunakan oleh seluruh dunia. Sebagai salah satu bahasa asing internasional, Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran di sekolah-sekolah di tanah air.

Begitu pentingnya pengenalan keterampilan berbahasa asing, hingga pada tingkat pendidikan dasar, Bahasa Inggris juga dijadikan salah satu mata pelajaran. Pengenalan Bahasa Inggris tersebut, dalam rangka mempersiapkan siswa untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, dimana Bahasa Inggris diajarkan sebagai salah satu materi ujian nasional.

Melalui pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar, diharapkan pengenalan kebahasaan akan lebih diserap oleh siswa lebih dini. Dengan demikian, ketika mata pelajaran penentu kelulusan di tingkat SMP dan seterusnya itu, akan lebih meringankan beban siswa.

Tetapi, sayangnya saat ini dintingkat dasar bahasa inggris tidak lagi dijadikan mata pelajaran muatan lokal, melainkan ekstrakurikuler wajib. Meskipun wajib, tetapi ada beberapa sekolah dasar yang tidak memberlakukan nya.

Padahal, seperti yang kita tahu bahwa setelah peserta didik melanjutkan ke SMP atau SMA, bahasa Inggris masuk dalam salah satu mata pelajaran ujian nasional. Apa yang akan terjadi jika peserta didik baru mengenal pelajaran bahasa Inggris setelah mereka duduk di SMP?

Bisa dipastikan, akan ada beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan karena mereka tidak mengenal bahasa Inggris sebelumnya.

Untuk itu, mungkin pemerintah bisa memikirkan kembali mata pelajaran bahasa Inggris bisa menjadi mata pelajaran muatan lokal di tingkat dasar, agar peserta didik siap saat mereka duduk di bangku SMP.

Penulis: Gesti Rahayu (Guru SDN Bandungrejosari 2 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment