Belajar Menulis Dapat Dilakukan Siapa Saja, Termasuk Guru

By Redaksi 04 Nov 2017, 21:35:51 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Belajar Menulis Dapat Dilakukan Siapa Saja, Termasuk Guru

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Google)


WPdotCOM -- Pagi yang cerah mengantarkan aku memulai rutinitas. Berbekal semangat, aku berangkat memulai agenda pertamaku hari ini.

Iya, pergi ke sekolah dan menyiapkan rapat dengan wali murid kelas 6. Pikiranku bercabang karena aku harus menghadiri acara workshop penulisan artikel yang menurutku sangat penting.

Sebenarnya, aku belum pernah mengikuti kegiatan seperti ini. Aku ingin mencoba, karena sebagai seorang guru tentu harus bisa menulis. Sedangkan aku merasa belum mampu untuk itu.

Setelah selesai rapat, segera aku menuju tempat workshop. Aku sendiri sebenarnya tidak tahu dimana tempat itu. Aku bertanya kepada beberapa orang. Akhirnya sampailah aku di SDN Bandulan 5. Dengan tergopoh-gopoh aku datang ke SDN Bandulan 5 tempat pelatihan dilaksanakan.

Ternyata acara sudah dimulai. Dengan perasaan sedikit canggung akhirnya aku masuk dan menggucapkan salam. Seorang guru telah menyambutku di depan pintu dan mempersilahkan masuk. Seorang pria paruh baya sedang berdiri di depan kelas. Ternyata beliau adalah pengisi materi di acara ini.

Keterlambatanku datang dalam pelatihan ini, membuat aku tidak mengerti materi apa yang sudah disampaikan. Dengan suasana ruang kelas yang sedikit panas, aku mencoba memahami materi demi materi yang disampaikan.

Pengisi materi dalam acara ini sangat komunikatif. Mereka menjelaskan materi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta. Di sela-sela pembahasan materi, mereka menyisipkan beberapa humor ringan yang membuat para peserta tidak tegang dan merasa santai.

Waktu sudah menunjukkan pukul 11.30. Saatnya ishoma. Sebelum istirahat, pak Nova dan bu Santy sebagai pemateri, memberikan penjelasan tentang apa yang akan kita laksanakan setelah selesai makan siang.  

Kami pun ishoma selama 1 jam sebelum kegiatan dilanjutkan. Aku bersama temanku mengambil air wudhu di kamar mandi kantor, kemudian langsung naik ke lantai dua untuk melaksanakan ibadah sholat dhuhur. Setelah itu kami kembali ke ruang kelas untuk makan siang bersama-sama.

Waktu pun terus berjalan. Tiba saatnya untuk masuk ke dalam ruangan untuk mengikuti materi selanjutnya. Materi penulisan artikel yang harus diselesaikan dalam waktu 30 menit. Kucoba untuk menulis sedikit demi sedikit. Kata demi kata. Dan akhirnya kuselesaikan tugas itu dalam waktu yang sudah ditentukan. Belajar menulis itu dapat dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh seorang guru.

Penulis: Rinawati (Guru SD Negeri Gadang 3 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment