Berjanji Menulis, Bukan Sekedar Kewajiban Tapi Karena Kebutuhan

By Redaksi 29 Jan 2018, 19:37:42 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Berjanji Menulis, Bukan Sekedar Kewajiban Tapi Karena Kebutuhan

WPdotCOM -- “Syarat menulis karya ilmiah, tidak malu, meluangkan waktu 1 jam sebelum tidur wajib. Akan menjadi kebiasaan bila selama 21 hari dilakukan.”

Demikian penjelasan yang kami dapatkan dari narasumber workshop menulis buku dan jurnal hari ini. Jenis artikel ada 4, artikel yang cocok untuk bimbingan konseling adalah jenis artikel eksplorasi. Karena dengan mengeksplorasi data dari penelitian, akan menemukan teknik yang cocok untuk menangani kasus kasus yang siswa hadapi.

Dari beberapa teknik konseling yang sudah penulis praktekkan,ditemukan jenis teknik konseling seperti yang disampaikan oleh dr.Ramli, dosen bimbingan konseling Universitas Negeri Malang. Ia menyampaikan materi tersebut dalam pertemuan musyawarah guru bimbingan konseling sekolah menengah kejuruan Malang Raya.

Nama teknik konselinng tersebut adalah konseling berfokus solusi. Dengan berjalannya waktu dan cepatnya perubahan di saat ini, maka berkembang pula dalam menangani atau melayani siswa dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Harus menggunakan waktu yang efisien, dan segera mendapatkan solusi yang berguna bagi siswa tersebut untuk mencapai perkembangan yang optimal, sehingga siswa tidak berlarut larut dalam permasalahan yang dihadapi.

Melalui Pusat Pengkajian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, penulis akan membuat karya ilmiah. Yaitu sebuah karya tulis dari berbagai macam tulisan yang dilakukan oleh seorang atau sekelompok dengan menggunakan tata cara ilmiah. Untuk membuat karya ilmiah, harus menggunakan pemikiran yang logis dan empiris. Logis artinya masuk akal, sedangkan empiris adalah dibahas secara mendalam, berdasarkan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan atau dapat dibuktikan. Karena itu, penulis ingin menuliskan karya berupa motivasi sebagai sebuah semangat, bukan hanya kenaikan pangkat tetapi juga karena tanggung jawab.

Untuk mewujudkan karya ilmiah ini, penulis dibimbing oleh pengarang buku terkenal yaitu Nova Indra, penulis novel Senandung Cinta Aisyah dan guru KWU sSMK Telkom Mmalang Santy Fidrianna.

Penulis pun berjanji  akan menyelesaikan sebuah buku pendidikan yang berjudul Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Bimbingan dan Konseling.

Penulis: Indriyah Sri Suwanti (Guru SMK Negeri 8 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment