Bukti Jaminan Standar Mutu, SMK Telkom Malang Berhasil Raih Peringkat Teratas UNBK 2017

By Redaksi 02 Mei 2017, 10:25:14 WIB Liputan Khusus
Bukti Jaminan Standar Mutu, SMK Telkom  Malang Berhasil Raih Peringkat Teratas UNBK 2017

Reporter: d’Nouvelle

Editor: d’Nouvelle

Malang, WPdotCOM -- Setiap prestasi yang diraih dengan gemilang selalu menjadi sorotan berbagai pihak. Hal ini juga dirasakan oleh SMK Telkom Malang di akhir tahun pelajaran 2016-2017. Hal itu terkait capaian Ujian Nasional yang diumumkan Ahad kemarin (30/4) oleh dinas Pendidikan setempat.

Menurut data nasional yang direalese oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur sehari sebelumnya, Sabtu (29/4), Jawa Timur menjadi peraih nilai terbaik nasional pada hasil UNBK. UBNK SMK se-Jawa Timur diikuti oleh 199.070 peserta yang berasal dari 1779 lembaga pendidikan yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten. Dan Kota Malang menduduki peringkat pertama di provinsi tersebut.

Seperti yang diumumkan sebelumnya, tiga orang siswa SMK Telkom Malang meraih nilai terbaik. Tiga siswa tersebut adalah Sandy Novarizky Budisusila dengan total nilai 377.60, diikuti Muhammad Pandu Widodo pada peringkat kedua dengan jumlah nilai 376.60, dan tempat ketiga Muhammad Zhorif Fadhlurrohman dengan raihan nilai 375.30.

“Alhamdulillah, dari jumlah peserta UNBK se-Jawa Timur, peserta didik kita berhasil meraih hasil yang sangat membanggakan. Peserta UNBK dari SMK Telkom Malang berhasil menduduki peringkat pertama hingga peringkat ketiga,” demikian disampaikan Drs. Hendy Adriyanto, kepala SMK Telkom Malang kepada awak media, Selasa (2/5) di ruang kerjanya.

Menurut Hendy yang diberi amanah sebagai kepala SMK Telkom Malang oleh Yayasan Pendidikan Telkom sejak tahun lalu itu, keberhasilan capaian prestasi terbaik UNBK tahun ini merupakan hadiah terindah bagi seluruh stakeholder sekolah yang dipimpinnya.

“Ini adalah keberhasilan kita bersama. Perolehan nilai terbaik hasil UNBK, merupakan bukti kerjasama yang maksimal dari seluruh stakeholder yang ada. Dari 353 peserta UNBK tahun ini, semuanya telah dinyatakan lulus,” imbuh Hendy.

Dihubungi terpisah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Telkom Malang Rahmat Djatmiko, S.Kom,  menyatakan apresiasinya terhadap keberhasilan siswa sekolahnya dalam perolehan nilai terbaik tersebut. Menurut Rahmat, semua keberhasilan itu telah menjadi target dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

“Untuk penyerapan pelaksanaan kurikulum, kita melakukan sinkronisasi antara Kurikulum Nasional 2013 dan  Kurikulum Muatan Lokal. Ini menjadi salah satu nilai lebih yang kita miliki saat ini. Dari perpaduan dua kurikulum tersebut, tentunya jelas akan berdampak signifikan terhadap kualitas pembelajaran yang diperoleh peserta didik kami,” terangnya.

Begitu pula dengan mata pelajaran yang ada, lanjut Rahmat, pihaknya memberikan drill kepada siswa di masing-masing jurusan. Dengan banyak waktu drill yang diikuti siswa, selain pengetahuan yang diperolehnya makin matang, pencapaian tingkat kemahiran dalam praktek jurusan juga turut meningkat.

Senada dengan Kepala Sekolah dan Wakil Kurikulum, Kepala Urusan Promosi Santy Fidrianna menyatakan hal yang sama. Menurutnya, keberhasilan siswa SMK Telkom Malang adalah bukti proses kegiatan belajar mengajar yang terukur dan berkualitas.

“Selain proses kegiatan belajar mengajar yang kita standarkan kualitasnya melalui ISO 9001:2008 yang kini sedang proses konversi ke ISO 9001:2015, kita telah lakukan seleksi penerimaan siswa yang sangat ketat setiap tahun ajaran baru. Jadi bagi kami, selain intake siswa dalam proses belajarnya,  input  siswa sejak pertama masuk sekolah ini sudah menjadi perhatian utama” jelas Santy.

Menurut Santy lagi, SMK Telkom Malang sebagai sekolah kejuruan berbasis teknologi informatika pertama di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992 silam, menerapkan standar yang cukup tinggi dibanding sekolah sejenis dalam penerimaan siswa baru. Hal itu dapat dilihat dari proses penerimaan siswa baru, yang dijalani calon siswa dengan berbagai tahapan yang cukup ketat.

“Kita juga memiliki kelas akses Fiber Optic yang merupakan beasiswa dari Telkom Akses untuk kelas XII. Ini menjadi salah satu trigger bagi siswa untuk memacu diri mereka lebih maju dan berkualitas,” pungkasnya. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment