Butuh Publikasi Jurnal? Kini Saatnya Harus Cerdas

By Redaksi 19 Jul 2018, 19:15:05 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Butuh Publikasi Jurnal? Kini Saatnya Harus Cerdas

WPdotCOM -- Anda guru atau pengelola lembaga pendidikan? Dipastikan butuh publikasi jurnal ilmiah atau publikasi dalam bentuk lain. Sebelum itu, sebaiknya anda mengenal lebih dulu sistim ISSN.

ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 oleh Subkomite no. 9 dari Komite Teknik no. 46 dari ISO (TC 46/SC 9). ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand. PDII LIPI merupakan satu-satunya ISSN National Centre untuk Indonesia.

Nah, seteterusnya bagi pemilik atau pengelola jurnal, untuk mendapatkan nomor ISSN Jurnal/Majalah Ilmiahnya, mengajukan kepada LIPI dengan segala persyaratan yang ada.

Setelah memperoleh nomor ISSN terakreditasi LIPI yang biasanya diikuti oleh KODE BAR pertama yang terdiri dari kode nomor ISSN diikuti oleh kode terbitan/edisi, dan diakhiri kode cek petugas LIPI,  maka untuk terbitan EDISI PERDANA diajukan kembali melalui akun pengelola jurnal ilmiah terkait di laman LIPI agar diberikan KODE BAR TERBITAN PERTAMA. Begitu selanjutnya, sesuai dengan edisi terbitan, maka KODE BAR TERBITAN membuktikan bahwa pengelola jurnal tetap aktif sesuai aturan administrasi jurnal ilmiah.

Lalu, bila anda dapati KODE BAR terbitan di majalah/jurnal ilmiah yang kode bar-nya masih berupa angka 00+kode cek, sementara terbitannya sudah edisi ke sekian, maka di sinilah anda harus cerdas. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment