Demi Pengembangan Diri, Workshop Menulis pun Diikuti di Masa Liburan

By Redaksi 24 Des 2017, 05:52:12 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Demi Pengembangan Diri, Workshop Menulis pun Diikuti di Masa Liburan

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Google)


WPdotCOM -- Beberapa waktu yang lalu ada sahabat guru Bahasa Indonesia SMP  Sabilillah, ibu Kusmiati berhasil menerbitkan buku yang diposting di FB beliau. Saya pun memberi tanda like dan mengomentari kalau saya ingin belajar kepada sahabat saya tersebut. dan beliaunya mengiyakan. Saya punya angan-angan ingin membuat buku dan diterbitkan.

Kepala Sekolah mengirim ada agenda kegiatan Workshop Penulisan Artikel, Jurnal, dan Buku di grup staf. Awalnya saya cukup tertarik, tetapi karena biaya  Rp 450.000,00 untuk 1 orang, maka perlu pertimbangan dan ijin dari suami. Dan suami pun mengijinkan karena rencana kegiatan pada masa liburan.

Karena mendapat motivasi dari kepala sekolah, saya pun senang dan saya perlukan untuk kenaikan pangkat saya ke III-d, jadilah saya mengikuti workshop dengan teman-teman yang pernah menulis PTK/buku. Seperti pepatah mengatakan “pucuk dicinta ulam pun tiba.”

Sebelumnya, saya pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan workshop menyusun artikel di MGMP IPS Kota Malang, langsung diminta oleh pemateri untuk menulis dan mengirimkan artikel lepas. Alhamdulillah beberapa hari kemudian saya dikirimi koran Media Pendidikan yang mana artikel saya dimuat untuk pertama kalinya, yaitu kegiatan ekskul SMP Negeri 26 Malang yang ditampilkan dalam acara HUT atau Pentas Seni.

Karena merasa bisa menjadi penulis pemula, saya berusaha menulis lagi tentang kegiatan yang dilakukan di sekolah, yakni tema permainan tradisional. Penulis punya inisiatif mengadakan kegiatan mengisi class meeting dengan kegiatan positif. Salah satunya permainan tradisional seperti dakon, bekel, gobak sodor, dan egrang. Anak-anak pun merasa senang dengan kegiatan tersebut, baik mengikuti Pentas Seni maupun Permainan Tradisional.

Dua hari sebelum mengikuti workshop, saya menyiapkan proposal tesis yang rencananya akan saya tanyakan ke pemateri, siapa tahu bisa membantu dalam menyusun angket dan hal lainnya yang masih kurang. Dan juga saya sudah menyusun 2 artikel lepas dengan judul Sinau Wisata Kelas IX Tahun Pelajaran 2017-2017 dan Strategi hadapi UNAS/USBN di SMP Negeri 26 Malang. Dan yang terakhir, saya tertarik dengan brosur yang dikirim ibu kepala sekolah tentang Kompetisi Literasi yang berhubungan dengan Hari Ibu dengan tema : a. Memaknai Hidup , b. Merajut dan mengejar mimpi, c Mengelola masa muda (waktu, pikiran dan hati), d. Berbakti kepada orang tua, eLiku-liku menjadi istri, f. Menjadi seorang ibu.

Tadi malam, berusaha membuat tulisan dan sudah mendapat 6-7 halaman. Rencana saya mau saya kirim via email. Namun Pak Nova selaku pemateri menyarankan agar tulisan saya tersebut diubah menjadi sebuah buku saja. Dan saya pun menyetujui saran beliau.

Rencana kegiatan dimulai pukul 08.00 wib, saya datang pukul 07.30 wib. Karena acara belum dimulai, saya baca-baca artikel yang saya buat sebelumnya. Acara dimulai kurang lebih pukul 08.30 WIB dan langsung dibuka oleh beliau. Tempat kegiatan Workshop dilaksanakan di Ruang Kelas 9F. Awal kegiatan dimulai dari paparan beliau tentang profil dan badan P3SDM Melati (Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia).

Begitu disampaikan bahwa menulis adalah hal yang sangat mudah dan menurut beliau, untuk pengantar tidur beliau membuat 1 artikel. Hal itu membuat penulis semakin tertarik dan percaya bahwa menulis itu mudah. Saya ingin menjadi penulis buku dan bisa jalan-jalan ke luar negeri dengan hasil karya. Saya berharap pak Nova bisa benar-benar membimbing kami sampai selesai, baik membuat PTK, artikel, jurnal maupun buku.

Penulis: Endang Galih Wasiati (Guru SMP Negeri 26 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment