Dengan Internet Mari Rubah Dunia

By Redaksi 28 Sep 2017, 13:19:35 WIB Artikel Pelajar
Dengan Internet Mari Rubah Dunia

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Andhika Bayu YAP)


WPdotCOM – Siapa yang tidak kenal internet? Internet adalah segala macam perangkat elektronik yang tersambung dalam suatu jaringan yang besar dan menyeluruh di seluruh dunia.

Internet sangat berguna dalam pencarian informasi yang belum kita ketahui, dan sangat membantu dalam pembelajaran di sekolah. Selain itu, internet juga bisa membantu kita dalam melakukan pekerjaan, membeli atau suatu barang dengan media e-commerce, dan lainnya.

Namun, saat ini internet lebih banyak digunakan untuk membuka media sosial. Media sosial itu sendiri, adalah suatu sarana dimana kita bisa bersosialisasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Media sosial juga banyak membantu kita dalam mencari informasi, mendapat teman baru, dll. Selain itu, pengguna media sosial lebih banyak menggunakan media sosial untuk membully orang yang tidak sependapat dengan kita ataupun orang yang masuk golongan minoritas di sosial media. Hal ini bisa berujung pada cyber bullying yaitu bullying dengan media elektronik.

Para pengguna media sosial juga sering memperbarui status mereka di media sosial hanya untuk sekedar mendapat pengakuan. Status para pengguna di media sosial itu bermacam-macam salah satu nya status berupa gambar dengan kata-kata bijak. Mereka membuat status seperti itu hanya untuk sekedar diakui dan terkenal di media sosial itu.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang kita dapatkan dengan adanya internet. Adanya informasi dan ilmu yang baru, mengetahui berita dari seluruh dunia,dll. Akan tetapi, banyak yang menyalahgunakan manfaat ini sehingga merugikan pengguna internet yang lain. Contohnya yaitu belajar hacking untuk menyerang sebuah website, menyebarkan berita hoax, menipu orang lain dalam jual beli online, dll. Hal ini tentu sangat merugikan banyak orang dan hanya menguntungkan diri sendiri. Dan juga, hal itu bisa menjadi sebuah tindakan cyber crime yaitu kejahatan dengan media elektronik.

Oleh karena itu, mari kita berinternet dengan bijak demi masa depan yang lebih baik dengan teknologi yang sangat canggih dan membantu pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Dengan internet, ayo kita buat Indonesia dan dunia menjadi lebih maju dan sejahtera.

Penulis: Andhika Bayu Yudhistira Arda Putra (Siswa SMK Telkom Malang, Kelas XI RPL 4)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment