Dengan Visi yang Jelas, SD Negeri Gadang 3 Kota Malang Kini Kian Maju

By Redaksi 02 Des 2019, 12:29:45 WIB Artikel Ilmiah
Dengan Visi yang Jelas, SD Negeri Gadang 3 Kota Malang Kini Kian Maju

Keterangan Gambar : Kegiatan SDN Gadang 3 Kota Malang (Dok. TL)


WPdotCOM -- Pada awal tahun pelajaran 2019-2020, penulis mendapat tugas mengajar di Kelas 4. Selaku wali kelas, pertama kali yang penulis lakukan adalah mengadakan pertemuan bersama wali murid untuk menyampaikan program kelas.

Sebagai sekolah yang memiliki visi Cerdas, Beriman, Terampil, dan Berkarakter, SDN Gadang 3 menjalankan misi dalam meningkatkan kemampuan Iman dan Taqwa, mengembangkan keterampilan melalui pengembangan diri siswa yang lebih baik, dan pendidikan berkarakter.

Untuk mengejawantahkan visi dan misi tersebut, di tahun pelajaran ini, akan digelar beberapa kegiatan yang mengikutsertakan guru, tenaga pendidik, dan tentunya siswa yang ada di sekolah ini. Kegiatan pertama adalah memeriahkan  Hari Kemerdekaan RI yang ke-74. Salah satu kegiatannya adalah diadakannya lomba kebersihan kelas dan taman kelas. Masalah dana, kelas 4 sudah siap. Tinggal penanganan langsung. Awalnya hanya beberapa wali murid saja yang bekerj,a terutama Ketua Paguyuban. Orang tuanya kreatif, pasti dicontoh oleh anak-anaknya. Beberapa wali murid itu  dengan ikhlas membenahi kelas, mengecat kelas, membersihkan taman kelas, dan membuat hiasan kelas. Ada pula yang membawakan makanan. Akhirnya kerja keras wali murid membuahkan hasil,  meraih juara I mendapat hadiah Trophi dan kipas angina.

Program selanjutnya dilanjutkan dengan kegiatan Parenting Kelas. Kegiatan tersebut juga diisi dengan aktivitas siswa membuat Telur Asin dengan menggunakan Batu Bata yang dihaluskan dan diberi garam. Tujuannya agar anak-anak nantinya bisa terampil, mandiri berwirausaha. Dengan melibatkan paguyuban, semua proses pembuatannya didokumentasikan. Alhamdullilah berjalan lancar dan berhasil, karena rasanya enak dibandingkan telur asin yang biasa dibeli..

Selanjutnya adalah kegiatan GSF (Green School Festifal) yang dilaksanakan di SDN Gadang 3 Malang. Semua siswa dikumpulkan di lapangan untuk pemilihan koordinator, ketua dan anggota. Kepala sekolah berkabolorasi dengan guru, siswa, dan wali murid. Semua antusias ikut terlibat bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Dari kegiatan ini, wali murid tambah kompak pada kegiatan yang diadakan di kelas maupun di sekolah. Sampai-sampai siswa dan wali murid kelas 4 membuat seragam sendiri dengan nama Kepompong Agati dan menjadi contoh kelas lain.

Lalu, helat tahunan yang tidak kalah meriah adalah peringatan Hari Jadi SDN Gadang 3 yang jatuh pada tanggal 1 Nopember 2019. Hampir semua wali murid turut serta. Mereka menyediakan kue dan membawa satu bibit pohon mangga per kelas. Acara dimulai dengan menyanyi serta tiup lilin yang dipimpin Kepala Sekolah. Dihadiri oleh guru-guru dan pengurus Komite SDN Gadang 3.  

Tanggal 11 Nopember 2019, SDN Gadang 3 Malang  juga mengadakan upacara dan tabur bunga di TMP (Taman Makam Pahlawan) Suropati Malang. Anak- anak diminta membawa bunga tabur sendiri. Kegiatan berjalan lancar, kelihatan kompak memakai baju senada.

Tak berhenti di situ, pada tanggal 17 Nopember 2019 dilanjutkan kegiatan Hari Jadi SDN Gadang 3 Malang. Kegiatan berupa  gerak jalan, bazar,  fashion show,  lomba gambar, dan kreasi siswa. Kelas 4 berpartispasi dengan kegiatan bazar dan berjualan Pecel Pincuk, siswa bergaya seperti orang desa dengan topi caping petani dan kain jarit. Alhasil meraih juara I, mendapat hadiah peralatan kebersihan. Fashion show kelas 4 juga meraih Juara 1. Pakaian yang ditampilkan berasal dari bahan daur ulang. Dengan kegiatan ini kekompakan wali murid dan siswa makin terasa. Sekolah sudah seperti  rumah kedua bagi mereka.

Dari paparan di atas bisa disimpulkan bahwa metode Parenting Education sangat perlu dalam pembentukan karakter anak. Mendidik, membimbing dan melindungi perkembangan anak oleh lembaga penndidikan, adalah untuk meningkatkan tercapainya visi-misi sekolah. Parenting Education mempunyai tujuan antara lain: 1) Meningkatkan kesadaran orang tua, 2) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua dalam hal pengasuhan, dan  3) Mempertemukan kepentingan dan keinginan antara pihak keluarga dan sekolah.

Penulis : Tri Lestari (Guru SDN Gadang 3 Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment