Drs. Irfan Saumi, M.Pd, Tokoh Pendidik yang Malang-melintang Antar Negara

By Redaksi 15 Apr 2017, 10:37:32 WIB Profil Tokoh
Drs. Irfan Saumi, M.Pd, Tokoh Pendidik yang Malang-melintang Antar Negara

Keterangan Gambar : Drs. Ifran Saumi, M.Pd


WPdotCOM -- Muda, enerjik dan visioner. Itulah gambaran tokoh pendidikan bernama lengkap Irfan Saumi ini. Tokoh muda yang lahir pada tanggal 10 Nopember 1969 di Tigalingga Sumatera Utara ini, kini telah menorehkan berbagai prestasinya di Nusantara dan manca negara.

Pria yang sejak tahun 2000 – 2004 berprofesi sebagai konsultan pendidikan dalam pengembangan media belajar berbasis teknologi informatika tersebut, kini tengah merancang dan melanjutkan berbagai kerjasama pendidikan di beberapa negara Asia Tenggara, Afrika Utara dan Timur Jauh ini, bukanlah orang asing di dunia pendidikan tanah air.

Alumni pasca sarjana Universitas HAMKA Jakarta ini, telah menorehkan berbagai prestasinya. Sebagai seorang pendidik, ia pernah menjalani tugasnya sebagai guru di SMP Negeri 201 Jakarta Barat. Ia lakoni pengabdiannya di sekolah tersebut sejak tahun 1992-1996. Empat tahun berikutnya ia pun pindah mengajar ke SMA Negeri 56 Jakarta hingga tahun 2000.

Melanjutkan kiprahnya di bidang pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan, sejak tahun 2004 hingga tahun 2011 silam, ia dipercaya sebagai konsultan pendidikan untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di Jakarta dan Sumatera Barat. Beberapa sekolah di Sumatera Barat pun pernah ditanganinya untuk peningkatan standar seperti SMP Negeri 1 Padang, SMP Negeri 8 Padang, dan SMP Negeri 2 Padangpanjang, serta SMP Negeri2 Gunung Talang Kabupaten Solok.

Di lain bidang dengan kompetensi yang sama, Irfan juga mengembangkan kegiatannya dalam membina program Fun English Camp yang dipusatkan di Villa Puncak Bogor Jawa Barat. Yaitu sebuah inovasi pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan mudah. Program tersebut dikemasnya dengan target dua minggu mampu berbahasa inggris. Dengan sasaran peserta tingkat SMP dan SMA, program yang masih berjalan sejak tahun 2006 lalu itu, mendapat perhatian serius dari berbagai pihak.

Kini, setelah ia diamanahi tugas sebagai direktur Perguruan Islam Darul Hikmah Padangpanjang sejak beberapa tahun lalu, mulai maret kemarin ia pun meninggalkan kepemimpinannya di lembaga tersebut. Sudah banyak yang ia lakukan di Yayasan Darul Hikmah.  Berbekal pengalaman yang cukup tinggi, serta jejaring komunikasi yang sudah mendunia, prestasi kepemimpinannya di Darul Hikmah melejit dengan cepat.

Kini, tokoh muda enerjik yang telah membangun kerjasama pendidikan dengan berbagai negara, seperti Mesir, Tiongkok, Singapura, dan Malaysia, tengah dipinang beberapa yayasan pendidikan besar di Sumatera Barat. Salah satunya adalah yayasan Almadinah Almunawarah Solok. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment