Festival Pencak Silat Klaten 2019, Tapak Suci Raih Juara Umum I

By Redaksi 09 Okt 2019, 09:54:36 WIB Daerah
Festival Pencak Silat Klaten 2019, Tapak Suci Raih Juara Umum I

Keterangan Gambar : Rombongan Pesilat Tapak Suci Pimda 053 Klaten (Dok. Irfan)


WPdotCOM, Klaten – Pimpinan Daerah (Pimda) 053 Tapak Suci Putera Muhammadiyah Klaten ukir prestasi. Peringkat Juara Umum I diboyong pesilat berseragam merah-merah tersebut di Festival Pencak Silat Klaten 2019.

Sementara itu, Perguruan Pencak Silat Persinas Asad meraih Juara Umum II, diikuti oleh Perguruan Pencak Silat Merpati Putih yang menempati Juara Umum III.

Festival Pencak Silat yang menjadi ajang rutin di Klaten itu, diselenggarakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Klaten. Setiap dua tahun, kegiatan tersebut dijadikan ajang pembinaan atlet silat yang ada di daerah itu.

Tahun ini, festival pencak silat diikuti lebih kurang 3000 pesilat yang berasal dari belasan organisasi dan perguruan silat yang ada di Klaten. Masing-masing utusan perguruan yang mengikuti kegiatan ini, menampilkan keilmuan khas masing-masing. Kebolehan jurus-jurus andalam perguruan ditampilkan dan memukau setiap mata yang melihatnya.

Kegiatan ini merupakan ajang pencarian bibit atlet yang disiapkan IPSI untuk kejuaraan-kejuaraan di masa datang, demikian diungkapkan M. Nasir ketua IPSI Klaten kepada media di sela-sela kegiatan, Minggu (6/10) di GOR Gelarsena Klaten.

Selain itu, imbuhnya, kegiatan festival tersebut juga menjadi ajang silaturrahmi antar perguruan dan organisasi pencal silat yang ada. Demi terciptanya kerukunan dan kebersamaan dalam dunia pencak silat di daerahnya itut.

Pada helat besar pecinta pencak silat tersebut, selain dinobatkannya Bupati Klaten Sri Mulyani sebagai Pendekar Kehormatan, juga didahului oleh kejuaraan yang dilaksanakan dua hari sebelumnya  pada tanggal 4-5 Oktober. Kejuaraan itu diikuti oleh 286 pesilat dari perguruan dan organisasi silat di daerah tersebut.

Ini merupakan ajang yang sangat bagus bagi pengembangan mutu pesilat di daerah. Dengan adanya kegiatan-kegiatan seperti ini, kami meyakini pencak silat akan ke depan semakin berkembang, demikian disampaikan Irfan, salah satu pelatih Tapak Suci saat bincang-bincang dengan Warta Pendidikan.

Menurut Irfan yang kini menyandang sabuk biru dengan tingkatan Kader Dasar itu, Tapak Suci akan terus menampilkan yang terbaik di setiap ajang yang digelar. (ni)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment