Find the Real Hobby with Writing Competence

By Redaksi 12 Agu 2017, 09:50:21 WIB Opini
Find the Real Hobby with Writing Competence

Keterangan Gambar : ilustrasi (sumber: google image)


WPdotCOM -- Sebagai manusia, kita pasti memiliki hobi atau kegemaran dalam beraktivitas sehari-hari. Hobi merupakan hal yang menyenangkan, dan bisa membuat segar pikiran, karena tubuh sudah tertekan oleh aktivitas rutin seharian yang menguras tenaga, pikiran, dan membutuhkan banyak waktu. Di saat tubuh sudah nagih dengan menyalakan sinyal “butuh piknik” atau sinyal “mulai lelah,” maka sebaiknya kita memberi ruang pada diri untuk melepaskan segala penat di tubuh. Pengembangan literasi adalah satu satu obatnya. Anda percaya?

Mewadahi keinginan tersebut, bagi para penggemar dan pegiat literasi, tentunya tidaklah sulit.  Untuk memberikan udara segar bagi diri sendiri sangatlah mudah. Karena seiring kemajuan teknologi, untuk bisa mengembangkan diri lewat pengayaan literasi, tidak membutuhkan biaya piknik yang mahal. Karena pertumbuhan dunia IT sekarang ini sudah mewabah  di seluruh dunia, dunia seolah di genggaman.

Untuk bisa mengimplementasikan keinginan refreshing dan menambah nilai kompetensi di bidang literasi, cukup kita menguasai teknologi dan media sosial, serta memahami penggunaan perangkat teknologi. Karena pemahaman tentang literasi sekarang masih cukup rendah di masyarakat kita. Opini yang terbentuk adalah bahwa literasi hanya sekedar membaca dan menulis. Terlalu sempit untuk pengertian semacam itu. Kita hidup di dunia modern, dunia yang segala kebutuhan sekarang terhubung dengan internet. Jadi, mau tidak mau kita pun harus melek teknologi, karena hal itu sudah merupakan kebutuhan hidup, bukan barang mewah.

Berkaitan dengan hobi kepenulisan, seharusnya jika itu merupakan hobi yang menyenangkan, sebaiknya kita melakukannya agar ada sisi pikiran kita yang terlampiaskan pada saat kita menulis. Kita bisa menulis apapun tentang  aktivitas sehari-hari, seperti mereka yang profesinya sebagai guru, bisa menuliskan tentang prestasi siswanya yang membanggakan nama sekolah, jika profesi kita sebagai bidan puskesmas dapat juga menuliskan tentang pengalaman membantu pasien yang melahirkan, dan misalnya profesi tenaga marketing, kita bisa menceritakan pengalaman unik ketika bertemu klien. Banyak hal yang bisa kita tuliskan pada saat kita sedang mood untuk menulis sebagai hobi.

Hal yang menarik adalah ketika tulisan kita dibaca orang-orang terdekat kita, mereka memberi apresiasi dan kemudian tersenyum selesai membaca tulisan yang kita buat, rasanya sudah cukup bayaran atas kreativitas kita yang hobi menulis. Tentu sebagai manusia yang ingin maju, dunia tidak akan berhenti di situ saja.  Andaikan kita hobi menulis puisi, maka dalam kurun waktu tertentu, akan menumpuk koleksi puisi yang sayang jika hanya menjadi tumpukan kertas berisi puisi indah di pojok ruangan. Kita perlu suatu usaha untuk mendokumentasikan karya kita.

Bila sudah pada titik ini, kita memerlukan media yang bisa mewadahi hobi kita. Dunia literasi sudah menyediakan ruang yang luas bagi untuk berselancar di dunia internet. Sebuah portal, blog, website, dan lainnya, sekarang ini adalah hal paling memungkinkan untuk mempublish karya tulis yang dimiliki. Karena dengan menerbitkan tulisan, maka akan banyak lagi orang lain yang membacanya dan akan terinspirasi dengan puisi-puisi indah, dan karya tulis lainnya sebagai buah serta hasil dari hobi menulis kita. Selamat menulis!

Penulis: Santy Fidrianna, SE (Dir. P3SDM Melati bidang Publikasi dan Penerbitan, Guru SMK Telkom Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment