Game Puzzle Tarsia Mudahkan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika

By Redaksi 22 Apr 2018, 13:55:29 WIB Artikel Ilmiah
Game Puzzle Tarsia Mudahkan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika

WPdotCom -- Matematika seringkali menjadi momok bagi sebagian besar siswa. Demikian juga hasilnya, jika dibandingkan dengan mata pelajaran lain yang di UN-kan.

Mata pelajaran yang diujikan tersebut sebagai syarat kelulusan di tingkat Sekolah Menengah Pertama ( SMP),  hampir selalu berada di peringkat paling bawah, khususnya untuk mata uji Matematika.

Berdasarkan pengalaman penulis dalam setiap awal tatap muka pembelajaran, ketika diadakan tanya jawab tidak lebih dari 15 orang yang menyatakan dirinya menyukai mata pelajaran matematika. Sampel itu diambil dari 32 orang siswa dalam satu kelas.

Mereka menganggap Matematika itu sulit, abstrak, banyak rumus, dan simbol yang harus mereka tahu serta mereka hafalkan. Hal ini dimungkinkan bahwa selama ini mereka belajar matematika secara konvensional dan tidak bermakna.

Mereka hanya melakukan kegiatan prosedural tanpa diajak menemukan atau menggali sendiri pengetahuan yang mereka pelajari. Kondisi semacam ini, pasti akan menjadi tantangan bagi seorang guru Matematika. Guru harus berusaha mencari alternatif pembelajaran yang tidak sekedar mentransfer pengetahuan kepada siswa, melainkan dapat menyajikan proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, melibatkan mereka secara aktif dalam mempelajari konsep matematika yang dipelajari.

Salah satu alternatif agar siswa menyukai, bahkan jatuh cinta dengan pelajaran Matematika, adalah mengajak mereka bermain sambil belajar. Permainan matematika di sini, diberikan untuk lebih menanamkan konsep atau melatih keterampilan matematis siswa. Salah satu permainan Matematika yang dapat dilakukan guru adalah Game Puzzle (Game Puzzle Tarsia) dengan menggunakan software Tarsia 3.8 yang berbahan kertas sebagai media real di dalam kelas.

Pembelajaran dengan media Gampuztar (Game Puzzle Tarsia ) otomatis menerapkan  4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration, and Communication ). Empat keterampilan abad 21 yang menjadi tuntutan dalam proses pembelajaran Kurikulum 2013. Banyak materi dalam pembelajaran matematika SMP seperti Operasi Bilangan Bulat dan Bilangan Pecahan, Konsep Pecahan Senilai, Menentukan Nilai Fungsi, dan atau mungkin semua materi bisa menggunakan media ini.

Permainan ini bida didapat dengan mudah dan dengan biaya murah. Permainan ini dibuat oleh guru Matematika, guna memperdalam pemahamam konsep-konsep Matematika yang abstrak. Permainan ini dapat juga dipraktikkan dalam pembelajaran selain Matematika. Guru hanya perlu merancang sejumlah pertanyaan dan jawaban, kemudian diinputkan ke dalam aplikasi.  Dan langkah selanjutnya, guru tinggal mencetak output dari software, lalu digunting sesuai bentuk yang dipilih sebelumnya.

Penerapannya di dalam kelas adalah, siswa memasangkan antara pertanyaan dan jawaban secara berkelompok dengan jumlah 4 orang. Mereka akan bekerjasama mencari jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan yang ada. Sehingga membentuk suatu bangun datar yang tidak mereka ketahui sebelumnya. Ketika siswa selesai membentuk bangun datar dari potongan-potongan kertas tadi, guru harus mengecek kebenarannya.

Penulis : Hidayah Susatri, M.Pd. (Guru SMP Negeri 1 Turen Kab. Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 7 Komentar untuk Berita Ini

  1. Eniek 23 Apr 2018, 18:16:05 WIB

    Pertanyaan dan jawaban yang diinput kan kedalam aplikasi apa ada batasan jumlah Bu?

    Hidayah Susatri 23 Apr 2018, 19:07:45 WIB

    Batasan pertanyaan, tergantung bentuk bangun datar yang kita pilih di awal ( sebelum menulis pertanyaan). Pada bangun itu sudah tertera berapa banyak pertanyaan yang harus kita buat

    Khusnul 23 Apr 2018, 20:16:37 WIB

    Menarik ya bu... Caranya kayaknya juga tdk rumit..
    Sepertinya perlu diterapkan disumawe 3

    Endang 23 Apr 2018, 20:27:08 WIB

    Sdh sy buat tapi blm dipraktekkan ke siswa krn di bln april blm ada kesempatan utk bertemu siswa di kls

    Sri Setyorini 23 Apr 2018, 20:48:02 WIB

    Sepertinya sangat menyenangkan utk siswa, agar siswa g bosen dg pelajaran Matematika.

    Fida 23 Apr 2018, 21:07:34 WIB

    Aplikasinya tarsia 3.8 ya bu... Waa bisa dicoba ni buat download... Terimakasih bu hidayah ...

    Sumarlan 23 Apr 2018, 21:48:40 WIB

    Woooww..menarik.
    Bermain tapi sebenarnya belajar..

View all comments

Write a comment