Guru Dituntut Lebih Memahami Materi Ajar, Bukan Sekedar Menguasai Kelas

By Redaksi 05 Feb 2018, 18:41:50 WIB Opini
Guru Dituntut Lebih Memahami Materi Ajar, Bukan Sekedar Menguasai Kelas

WPdotCOM -- Guru adalah pendidik, pengajar, penyampai materi, sekaligus orang tua di sekolah, teman belajar atau apapun sebutannya.

Hakikatnya, sebagai seorang guru dituntut untuk mengikuti apa yang diinginkan dan digemari oleh anak didik. Satu contoh ketika hendak menyampaikan materi di depan kelas, paling tidak harus tahu terlebih dulu karakter siswa yang akan dihadapi. Bagaimana karakter mereka dan apa kegemaran mereka, berapa tingkatan usia atau kelas mereka, kalau memungkinkan dengan kisaran status sosial dari mana mereka berasal.

Berbekal pengenalan tentang siswa dan karakternya, serta berusaha untuk bisa mengikuti apa yang menjadi pola pikir mereka, paling tidak ini akan membuat guru bisa menempatkan diri dengan nyaman di depan mereka. Dan yang pasti, siswa juga bisa menerima guru dengan senang. Apabila siswa menerima dengan senang, otomatis mereka juga akan dengan mudah menerima apa yang disampaikan guru.

Saat menyampaikan materi ke siswa, disamping penampilan, juga perlu memperhatikan sikap guru yang bisa menarik perhatian siswa. Guru juga dituntut untuk terampil dalam menguasai kelas dengan metode-metode pengajaran tertentu.  Metode pengajaran yang diterapkan oleh guru dalam mengelola kelas ini, nantinya diharapkan bisa membantu untuk mengelola dan menguasai kelas dengan baik. Dengan demikian materi yang disampaikan ke siswa juga akan terserap oleh siswa dengan lebih baik.

Menggunakan metode pembelajaran yang menarik tetapi kalau materi yang disampaikan kurang dipahami siswa, tentunya juga akan menjadi hal yang membosankan bagi siswa. Oleh karena itu, disamping metode pembelajaran, hal yang juga harus diperhatikan adalah bagaimana kesiapan guru tentang materi atau penguasaan terhadap materi yang disampaikan kepada anak didiknya.

Bagaimana mungkin guru bisa menyampaikan materi pelajaran dengan baik apabila dirinya masih belum menguasai materi tersebut dengan baik.  Guru perlu memahami betul apa yang disampaikan kepada siswa, meskipun telah memilih metode pembelajaran yang baik.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah media pembelajaran yang digunakan oleh seorang guru. Adakalanya media pembelajaran ini, menjadi penyemangat bagi siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang akan diikuti. Ada masanya justru menjadi hal yang membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Ini semua bergantung pada bagaimana guru memilih dan menggunakan media pembelajaran yang cocok dan digemari anak didiknya. Misalnya dalam menyampaikan materi sastera, apabila dengan diikuti contoh pembacaan puisi yang baik, atau mungkin dengan pemutaran film yang sesuai dengan mereka, pasti hal ini akan lebih menyenangkan

                                         

Metode pembelajaran yang menarik didukung dengan media pembelajaran yang menyenangkan, ditambah dengan tingkat pemahaman materi yang baik oleh seorang guru,  pastilah akan membuahkan hasil yang memuaskan. Hasil berupa kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa dan juga gurunya, serta dengan hasil belajar yang memuaskan.

Penulis: Nanung Friyandari (Guru SMK Negeri 5 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment