Guru IPS Wajib Inovatif Agar Pembelajaran Tidak Membosankan

By Redaksi 23 Apr 2018, 09:16:54 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Guru IPS Wajib Inovatif Agar Pembelajaran Tidak Membosankan

WPdotCOM -- Pelajaran IPS bagi sebagian siswa, adalah pelajaran yang membosankan. Mereka harus mengingat sesuatu yang kadang mereka tidak tahu faktanya.

Tetapi seandainya mereka mau membaca atau mendengar, dan mengaitkan  apa yang mereka tahu dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitarnya, tentunya pemahaman tentang hal di atas tidak akan pernah terjadi.

Mencari solusi mengatasi hal itu, untuk itu seorang guru IPS, harus mau dan mampu menginovasi cara pembelajaran. Hal itu ditujukan supaya siswa merasa senang terhadap pelajaran IPS. Disamping itu, guru juga harus bisa membawa pikiran siswa untuk lebih tertarik dengan pelajaran IPS.

Misalnya materi permintaan dan penawaran. Supaya siswa tidak bosan, mereka diajak untuk mengaplikasikan materi tersebut dengan yang ada di lingkungan sekitar. Salah satunya tentang  hukum permintaan yang berbunyi ”bila harga naik maka permintaan akan turun, dan bila harga turun maka permintaan akan naik.” Hukum permintaan akan berlaku bila keadaan citeris paribus (bila faktor-faktor yang mempengaruhinya tidak berubah). Faktor-faktornya antara lain penghasilan, jumlah penduduk, selera, perkiraan harga di masa yang akan datang, serta ketersediaan dan harga barang pengganti.

Dari pernyataan itu, kaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Semisal pada saat musimnya, harga barang turun, maka orang akan banyak membeli barang tersebut. Pada saat harga naik, misalnya pada saat tidak musim, orang tidak banyak membeli.

Bila hal ini dihubungkan dengan citeris paribus misalnya dihubungkan dengan selera, hukum permintaan akan berlaku bila selera masyarakat tetap. Bila seleranya berubah maka  hukum permintaannya akan tidak berlaku. Walaupun harga mahal, bila selera atau merasa senang, seseorang akan tetap membeli, karena selera terhadap barang tersebut juga tinggi. Bila mereka tidak senang walaupun hanya diberi tentu dia tidak akan mau.

Contoh konkrit yang ada di sekitar kita adalah,  permintaan terhadap buah Durian. Bagi mereka yang selera atau suka, walaupun harga mahal mereka akan tetap membelinya. Bagi mereka yang tidak suka walaupun diberi, bahkan mau makan diberi uang, mereka pun tidak akan mau.

Penulis: Anik Asri Wijayati, S.Pd




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Hidayah Susatri 23 Apr 2018, 12:50:16 WIB

    IPS dirasa membosankan karena siswa harus hafal banyak hal, untuk bisa hafal harus banyak dan sering membaca. Nah budaya membaca /literasi ini yang minim pada sebagian besar siswa. Tantangan bagi semua guru untuk membudayakan literasi /membaca.

View all comments

Write a comment