Haedar Nashir: Amal Usaha Pendidikan Mesti Berperan Holistik

By Redaksi 22 Mei 2017, 17:07:48 WIB Daerah
Haedar Nashir: Amal Usaha Pendidikan Mesti Berperan Holistik

Keterangan Gambar : Peresmian Gedung Asrama SMAM 2 Sidoarjo (Dok. muhammadiyah.or.id)


Sidoarjo, WPdotCOM -- Menuju tahun pelajaran baru, SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo kembali berbenah. Salah satunya adalah dengan membangun asrama siswa yang langsung diresmikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Hajatan peresmian gedung asrama baru yang dilaksanakan pasa Senin (22/5) itu, Haedar Nashir mengapresiasi langkah yang diambil oleh SMA Muhammadiyah 2 Sidorarjo tersebut. Sebagai salah satu sekolah rujukan nasional, tentunya mesti melakukan terobosan-terobosan penting bagi pengembangan pendidikan.

“Ini fase baru bagi SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo. Pendidikan bersistim asrama, adalah pendidikan secara holistik. Semua unsur pendidikan dapat dipandu melalui kelengkapan sarana yang ada, mulai dari kognitif, afektif maupun psikomotor siswa,” demikian tutur Haedar saat memberikan sambutan pada peresmian tersebut.

Pesan yang disampaikan Haedar saat itu, bukan hanya diarahkan pada SMAM 2 Sidoarjo saja, namun katanya, itu merupakan pesan penting bagi seluruh amal usaha pendidikan Muhammadiyah di Nusantara.

“Dengan membangun asrama ini, maka pihak manajemen sekolah jangan berhenti pada urusan fisik saja. Perlu dikembangkan bidang non-fisik  atau terkait dengan isi dan muatan pendidikan yang dijalankan,” imbuh Haedar lagi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAM 2 Sidoarjo dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan asrama empat lantai yang memakan biaya sekitar 7 milyard tersebut, dibiayai dengan dana yang berasal dari uang sekolah siswa dari tahun 2015 hingga 2017 ini.

Bangunan asrama itu sendiri berada di lahan seluas 560 meter persegi. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti tempat tidur siswa, almari, rak buku, kipas angin, ruang belajar, dan toilet serta ruang tamu yang berada di lantai dasar. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment