Hasilkan Karya Tulis, Kini Tidak Lagi Sekedar Angan-angan

By Redaksi 24 Des 2017, 06:28:21 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Hasilkan Karya Tulis, Kini Tidak Lagi Sekedar Angan-angan

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Google)


WPdotCOM -- Sekitar satu bulan yang lalu ibu Kepala Sekolah menginformasikan tentang adanya workshop di grup staf SMP Negeri 26 Malang. Dengan adanya informasi ini, rasa ingin mengikuti kegiatan workhshop ini muncul dari dalam diri pribadi.

Seperti halnya manusia biasa, rasa malas itu muncul. Malas karena sudah punya rencana mengisi waktu liburan dengan kegiatan di rumah, yang selama hari biasa menjadi terbengkai karena kesibukan hari-hari kerja. Target yang harus tercapai selama pekan liburan adalah membongkar taman di depan rumah, yang selama ini menjadi kegiatan refresing kami sekeluarga.Taman kecil yang menjadi penghibur hati kami mungkin akan dalam angan-angan semata karena harus terpotong 2 hari untuk mengikuti workshop penulisan buku dan karya tulis ini.

Alhamdulillah, sebagian taman kecil kami sudah terwujud walau belum sempurna. Manusia boleh bercita-cita dan berangan, tetapi Allah SWT lah pemegang skenario kehidupan. Walau baru sebagian terselesaikan, tetapi cukup sebagai penghibur dan pengisi target rencana selama pekan liburan.

Akhirnya, dengan sedikit paksaan dari kepala sekolah yaitu ibu Dra. Hj. Pancayani Dinihari, M.Pd, tergerak juga untuk mengikuti kegiatan workshop tersebut. Selain berbekal keinginan untuk naik pangkat yang sudah sekitar 9 tahun tertunda, ketertarikan ini juga muncul karena sebenarnya sejak SD saya suka mengikuti lomba mengarang. Dan kalau pelajaran mengarang, selalu mendapat nilai tertinggi di kelas. Motivasi masa lalu yang muncul itu, akhirnya membawa saya sampai di tempat ini bertemu dengan pak Nova sebagai instruktur workshop.

Dengan gaya penampilannya yang memukau membuat hati kecil saya yang sudah lama sekali tidak menulis, akhirnya roh menulis itu muncul kembali.S ebuah karya yang pernah saya buat di tahun 1999 ingin menyempurnakannya. Materi demi materi saya ikuti dengan seksama dan penuh konsentrasi. Rasa tertarik yang sangat tinggi, membuat lebih antusias untuk lebih serius mengikuti workshop.

Walaupun pernah mengikuti pelatihan tentang penulisan karya ilmiah, tetapi rasanya tidak sejelas dan sedetail yang disampaikan oleh narasumber kali ini. Rasa ingin segera menghasilkan karya yang awalnya sebagai tuntutan untuk memenuhi persyaratan naik pangkat, akhirnya berubah menjadi keinginan menghasilkan karya sebagai ungkapan hati dan perasaan. Dengan harapan, karya kita bermanfaat untuk sesama, khususnya murid-murid saya. Bravo pak Nova, jadilah selalu yang menginspirasi kami para guru di Indonesia.

Penulis: Sri Suwarniningsih (Guru SMP Negeri 26 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment