Hindari Negatifnya, Reunian Bersama Teman SD Pererat Silaturrahmi

By Redaksi 05 Feb 2018, 19:48:06 WIB Suara Guru
Hindari Negatifnya, Reunian Bersama Teman SD Pererat Silaturrahmi

WPdotCOM -- Pagi ini, pengalaman yang mungkin tak terlupakan. Kejadiannya berlangsung lucu dan mengesankan.

Kemarin malam, setelah menghadiri undangan pertemuan teman-teman SD yang sudah 34 tahun tidak bertemu, rasanya seperti terbayang kembali masa kecil yang indah. Masa yang penuh canda tawa, teman yang dulu suka iseng, nakal dan suka mengganggu teman, berkumpul kembali di usia yang sudah hampir senja. Bertemu kembali dengan wajah-wajah yang sudah tua dan wajah yang asing dengan wajah ketika masih SD. Pertemuan yang membawa kesan dengan senda gurau teman-teman di usia yang sekarang.

Mengingat kembali peristiwa masa kecil, seakan membawa kembali ke masa yang lalu. Teman yang dulu suka iseng dan nakal, ternyata sekarang masih bisa mengingat kenakalannya walaupun waktu sudah berjalan sekian tahun yang lalu. Teman akrab yang dulu suka menunjukkan keusilannya, sekarang bisa menjadi orang yang berhasil, walaupun ada juga teman yang masih biasa saja, bersahaja sama seperti waktu-waktu yang lalu.

Tetapi semua itu tidak membuat kami yang bertemu dan berkumpul menjadi minder. Semua yang hadir kemarin, saling memberikan dukungan satu sama lain. Pertemuan yang singkat tetapi cukup mengesankan. Yang 34 tahun yang lalu masih anak-anak, yang penuh dengan kenakalan, kepolosan, kejujuran dan keusilannya, kini setelah bertemu kembali, menjadi sebuah cerita yang indah yang bisa diceritakan ke anak-anak mereka.

Setelah pertemuan kemarin, rasanya hidup ini  sangat singkat. Dari yang lama tidak pernah bertemu, akhirnya tali silahturahmi ini bisa disambung kembali dengan penuh kekeluargaan. Tidak ada kaya ataupun miskin, tidak memandang derajat dan kedudukan. Semua sama, satu tujuan untuk mewujudkan tali silahturahmi agar tetap abadi sampai nafas terakhir menjemput. Dengan menyambung tali silaturahmi ini, mudah-mudahan semua kebaikan dan semua langkah diridhoi oleh Allah SWT. Semua urusan dilancarkan oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Hal yang penting, semua harus tahu dan yakin bahwa tujuan kebersamaan dalam sebuah hubungan tetap memegang teguh yang namanya kejujuran. Siapapun orang yang jujur, pasti akan menuai hasil dari apa yang diperbuatnya.  Terkadang suatu hubungan itu akan menjadi rusak dan berantakan hanya karena keegoisan masing-masing pribadi. Dan mudah-mudahan, indahnya kebersamaan ini menjadi tolak ukur untuk hubungan di masa-masa yang akan datang. Bisa diceritakan kepada anak keturaunan, sehingga bisa menjadi pribadi-pribadi yang bertanggung jawab, jujur dan bisa memegang tali silahturahmi dengan sebenar-benarnya tanpa ada unsur yang merugikan semua pihak, baik itu sengaja ataupun tidak sengaja.

Dan tentunya kebersamaan ini bisa diberikan menjadi contoh kepada generasi yang akan datang, sehingga makin tegaklah generasi muda dengan di kemampuan untuk berpikir realistis dan bersahaja. Semangat untuk kebersamaan kita semua. Semoga Allah SWT selalu memberikan ridhoNya untuk umatnya yang selalu menjalin tali silaturahmi.

Penulis: Sulisetyoaningsih, S.Pd (Guru SDN Negeri Gadang 1 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment