Kadis Pendidikan Padangpanjang Undang Tim Pembimbing Penulisan KTI Guru

By Redaksi 19 Apr 2017, 13:20:43 WIB Daerah
Kadis Pendidikan Padangpanjang Undang Tim Pembimbing Penulisan KTI Guru

Keterangan Gambar : Kadisdikbud Padangpanjang Dr. Desmon, M.Pd (Dok. Pribadi)


WPdotCOM – Dalam rangka peningkatan mutu pendidik di wilayahnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Padangpanjang, undang tim pembimbing penulisan karya tulis ilmiah guru.

Pertemuan  yang langsung dihandle oleh Kadisdikbud setempat, Dr. Desmon, M.Pd,  berlangsung sejak pukul 09.00 pagi di ruangan kerjanya, Rabu (19/4). Hadir pada kesempatan itu Nova Indra, pimpinan Pusat Pengkajian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, didampingi salah seorang pengurus daerah organisasi wartawan di Sumatera Barat.

Pada kesempatan tersebut, Desmon menyampaikan niat baiknya untuk memfasilitasi guru-guru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang selama ini terkendala kenaikan pangkatnya dikarenakan belum maksimal pada bidang publikasi karya tulis ilmiah.

“Ini adalah langkah awal bagi kami selaku pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dalam rangka memberikan fasilitasi kepada guru-guru ASN yang akan menulis karya ilmiahnya sebagai salah satu syarat kenaikan pangkat,” demikian ujar Desmon kepada media.

Menurut tokoh pendidik yang telah 3 tahun menjabat sebagai kepala dinas pendidikan tersebut, pihaknya menghimbau guru-guru untuk segera masuk ke dalam bimbingan yang akan dimulai pendaftarannya hari Selasa pekan depan.

“Kami akan surati guru-guru dan sekolah untuk menginformasikan kegiatan bimbingan ini mulai Selasa pekan depan. Semoga guru-guru ASN yang membutuhkan bimbingan penulisan PTK-PTS dapat dijembatani dengan kegiatan ini,” imbuhnya.

Sementara itu Nova Indra selaku pimpinan P3SDM Melati, lembaga berbadan hukum yang intens bergerak secara nasional dalam pengembangan potensi kepenulisan sejak tahun 2005 silam, menyampaikan rasa syukurnya terhadap program yang tengah digulirkan Disdikbud setempat.

“Ini langkah baik yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padangpanjang. Kami selaku lembaga resmi yang bergerak di bidang pengembangan potensi kependidikan, salah satunya untuk bimbingan kepenulisan karya ilmiah guru, merasa perlu untuk terjun langsung membina guru-guru ASN di kota ini,” terang Nova Indra.

Saat ini, sambung Nova, kerjasama dengan dinas terkait di Padangpanjang merupakan  langkah lanjutan dari tersendatnya komunikasi sejak awal Oktober 2016 lalu. Menurutnya, dengan dimulainya kembali pembicaraan bimbingan kepenulisan yang akan diampunya hingga naskah KTI guru selesai dan siap untuk dipublikasi, guru-guru di daerah itu akan diuntungkan.

“Kita membimbing guru-guru dalam bentuk grup. Satu grup workshop kepenulisan KTI guru tersebut, kita jadwalkan dalam waktu tertentu. Selama proses itu, peserta akan dibimbing mulai dari penetapan masalah yang akan dijadikan karya tulis, penetapan judul, kerangka dan penyelesaian naskah,” jelasnya.

Selain itu menurut penulis beberapa novel dan buku referensi tersebut, pihaknya tidak ingin ada orang-orang yang hanya memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Baginya, pembimbingan kepenulisan KTI guru adalah tanggungjawab. Karena itu di lembaga yang dipimpinnya juga turut mengkaji standar mutu penulisan.

“Lembaga kami memiliki orang yang memegang sertifikat Quality Management Control untuk setiap kegiatan. Jadi tidak ada istilah main-main dengan program yang kami tawarkan,” tutupnya. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment