Kejutan di Workshop Kepenulisan

By Redaksi 26 Agu 2017, 22:38:15 WIB Opini
Kejutan di Workshop Kepenulisan

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Siang itu, tiba-tiba ibu mendapatkan pesan dari temannya, "Bu, ada workshop tentang kepenulisan sampai diterbitkan".

Di sinilah aku. Duduk cantik di antara ibu-ibu dan bapak-bapak yang bukan hanya usia saja yang hampir dua kali lipat usiaku, tapi juga pengalaman. Berada dalam ruangan ini, aku merasa seperti ada dalam ruang pertemuan wali murid. Hari ini sebetulnya  bukan hari ulang tahunku, tapi mengapa aku merasa banyak sekali mendapatkan kejutan.

Tidak hanya itu kejutannya. Tidak lama setelah saya duduk dalam kelas, datanglah seorang wanita berparas cantik, sorotan matanya memancarkan kebahagiaan, senyum yang lebar dengan alis yang tergambar apik, menghampiri saya dan mengucapkan  selamat datang. Aku tersenyum, seraya mengucapkan terimakasih. Siapa wanita ini?

Ternyata beliau adalah kepala sekolah SD ini. "Aah, SD apa ini ya?". Kucari namanya di setiap sisi kelas. Ternyata nama tersebut terpampang di depan, dalam sebuah pigura. Tulisannya terlalu kecil. Maaf, saya tidak tahu seluruh nama-nama sekolah di Malang, karena saya jarang sekali keluar rumah. Padahal waktu SMA, saya sering melewati daerah ini. Rumah teman saya beberapa gang dari sini.

Kejutan untukku pun masih berlanjut. Tibalah saat untuk materi pembuka. Inilah inti dan kunci utama dari setiap kejutan yang terjadi hari ini. Materi yang disampaikan, sesungguhnya sangat bagus dan memiliki nilai-nilai penting bagi kehidupan seorang guru. Dijelaskan secara terperinci bagaimana cara menambah poin untuk kenaikan pangkat melalui penulisan ilmiah. Aku bukan guru, dan aku tidak tahu apa yang harus aku lakukan. Andai saja Ibuku ada di posisiku. Tapi, aku juga punya banyak teman yang ingin menjadi guru. Jadi ini bisa berguna.

Aku teringat ibuku, semua ini terjadi karenanya. Mungkin ini saatnya aku yang bergantian memberi kejutan untuk ibuku. Ku buka kunci ponselku. Kuketikkan namanya dalam WA dan kutulis pesan "Bu, sepulang dari sini, kenaikan pangkat apa yang saya dapatkan?"

Besar harapanku untuk bisa menerbitkan buku kreatif anak di bawah lima tahun suatu hari nanti. Seperti yang sudah aku pikirkan dahulu untuk keponakanku. Namun aku berpikir, apakah buku yang aku bayangkan itu termasuk dalam karya penulisan?

Penulis: Fatimah Azzahro (Peserta Workshop KTI Guru Angkatan 2 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment