Kembangkan Aktivitas Menulis, Penuhi Tangungjawab Pendidik di Bidang Literasi

By Redaksi 24 Des 2017, 06:01:21 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Kembangkan Aktivitas Menulis, Penuhi Tangungjawab Pendidik di Bidang Literasi

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Google)


WPdotCOM -- Berawal informasi dari Kepala Sekolah tentang Seminar tentang penyusunan karya ilmiah baik berupa artikel, jurnal, maupun PTK, semula saya kurang begitu merespon.

Alasan saya, adalah akhir tahun seperti ini sebagai bendahara tentunya lebih mendahulukan tanggungjawab menyusun laporan pertanggungjawaban penggunaan dana Bosnas. Selain alasan tersebut, ada alasan lain yaitu kewajiban saya sebagai panitia berkaitan dengan peringatan hari besar keagamaan umat Kristiani.

Atas dorongan dan motivasi dari Kepala Sekolah, akhirnya saya memutuskan untuk mengikuti kegiatan kegiatan ini. Bukan karena saya takut,  namun atas motivasi yang diberikan oleh beliau, saya sadar pentingnya kegiatan ini bagi saya sebagai guru. Guru dituntut untuk kreatif, inovatif dan mau mengadakan pembaharuan untuk kemajuan dunia pendidikan  pada umumnya, dan peserta didik pada khususnya

Dari beberapa tuntutan yang harus dipenuhi oleh guru, salah satunya adalah tentang pengajuan kenaikan pangkat. Salah satu syarat kenaikan pangkat dari IV/a ke IV/b, guru wajib membuat karya ilmiah baik berupa buku, artikel maupun PTK yang dipublikasikan dan diseminarkan.

Rasanya, sebagai guru berat bagi saya untuk memenuhi tugas tersebut mengingat kesibukan saya sebagai guru di sekolah. Juga sebagai guru les di luar jam sekolah, pengurus organisasi sosial, dan yang terpenting tugas mulia saya sebagai ibu dari anak- anak dan istri dari seorang suami yang sangat mengasihi saya.

Mengingat hal tersebut, saya berpikir kapan saya dapat mulai membuat karya ilmiah? Selama 27 tahun saya mengajar, saya baru membuat satu PTK. Sedangkan kenaikan pangkat saya ke IV/a tertanggal 1 Oktober 2009. Jadi sudah 8 tahun pangkat saya terhenti di IV/a. Informasi terakhir yang saya dapat pada tahun 2018 guru yang sudah lebih dari 4 tahun belum mengajukan kenaikan pangkat, maka TPP akan dihentikan sementara. Minimal tahun 2018 PTK harus mengajukan usulan kenaikan pangkat.

Pada hari ini, ketika saya mengikuti workshop hari pertama, saya mendapat ilmu baru tentang penulisan karya ilmiah, terutama tentang penulisan artikel. Saya mendapat inspirasi dan semangat baru lagi untuk memulai untuk membuat tulisan. Ternyata benar pepatah yang mengatakan bahwa “jika ada kemauan pasti ada jalan”.

Semuanya harus diawali dengan kemauan dulu, entah sekecil apapun kemauan itu, tapi harus dikembangkan. Terlebih lagi untuk memulai menulis, tidak harus dengan meluangkan waktu yang panjang dan senggang. Kita bisa menulis dengan menyisihkan sebentar waktu istirahat kita tanpa mengurangi tugas rutin kita. Itulah satu hal berharga yang saya peroleh dari workshop pagi ini, yang sangat menginspirasi saya untuk membuat tulisan. Saya percaya, besok saya kan mendapat ilmu yang baru lagi.

Penulis: Wahyuni (Guru SMP Negeri 26 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment