Keterampilan Guru dalam Menulis, Ringkankan Beban Profesi

By Redaksi 30 Jan 2018, 08:39:21 WIB Artikel Ilmiah
Keterampilan Guru dalam Menulis, Ringkankan Beban Profesi

WPdotCOM -- Guru mempunyai tugas mengajar, mendidik, mengevaluasi dan mengadministrasikan tugas-tugasnya dalam proses pendidikan.

Mengadministrasikan artinya menulis semua yang dipikirkan, dialami, diresahkan, diinginkan. Selama ini aktivitas menulis masih jarang dilakukan oleh guru karena banyak sebab. Antara lain kurangnya waktu, tidak mampu, atau belum mengerti cara menulis, serta belum terbiasa menulis dan mungkin juga malas menulis.

Setelah mengikuti pelatihan menulis,  kini ada motivasi untuk menulis apapun bentuknya. Karena menulis itu mudah, menulis itu tidak perlu bakat, menulis itu tidak harus ilmiah, karena tulisan populer pun bisa disebut karya tulis.

Saat ini, ada keinginan untuk menulis tentang keseharian siswa yang menurut pantauan, sangat beragam. Dari latar belakang keluarga yang kebanyakan kurang mampu. Semangat belajar yang rendah, kemampuan menyerap materi juga rendah, kebiasaan tidak disiplin, serta menyepelekan tugas, dan tidak punya cita cita.

Ingin rasanya menulis buku yang sederhana, sebagai panduan untuk siswa belajar keterampilan yang praktis, agar siswa dengan mudah belajar mengikuti proses pembuatan karya. Karena selama ini, buku merupakan sesuatu yang mahal bagi siswa saya. Dengan membuat buku sederhana tapi berpenampilan unik, tentunya akan memotivasi siswa untuk menggunakan buku panduan tersebut.

Lain waktu juga ada keinginan membuat buku kerja, yang bisa digunakan untuk mencatat semua kegiatan siswa selama mengikuti pelajaran dengan proyek tertentu. Dengan demikian siswa terlibat aktif dalam kegiatan belajar yang dirancang sendiri, dan dilaksanakan sendiri, serta dilaporkan secara tertulis. Dengan demikian guru juga memiliki waktu yang cukup untuk  mengamati perkembangan siswa.

Terakhir, dengan semangat yang masih menggebu ini, penulis ingin meneliti suatu keadaan dimana siswa tamatan SMK jarang bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusannya. Kebanyakan mereka bekerja di toko sebagai pramuniaga, pramusaji di resto dan kafe. Ada sesuatu yang menarik dari fenomena tersebut, dan kiranya pantas dibahas dalam sebuah karya tulis.

Penulis: Fitriani (Guru SMK Negeri 5 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment