Kini, Keinginan Menulis Buku Terjawab Sudah

By Redaksi 30 Jan 2018, 07:54:00 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Kini, Keinginan Menulis Buku Terjawab Sudah

WPdotCOM -- Penulis mengampu mata pelajaran Komposisi Foto Digital di salah satu  Sekolah Menengah Kejuruan. Banyak materi yang ingin saya tuliskan dalam sebuah buku.

Keinginan itu penulis niatkan agar dalam proses pembelajaran, bisa memberikan materi secara runtut dan berkesinambungan kepada anak didik yang saya ajar. Referensi-referensi yang dibutuhkan pun, telah banyak didapatkan, baik dari internet, maupun buku-buku yang terkait dengan materi Komposisi Foto Digital. Mulai dari sejarah fotografi, jenis fotografi, ragam kamera, juga tentang alat bantu kamera, baik alat bantu pencahayaan maupun alat bantu pemotretan. Dan masih banyak lagi yang ingin saya tuangkan dalam bentuk sebuah buku.

Kemudian, tanpa sengaja saya mendapat info tentang workshop menulis buku dan jurnal. Tanpa ragu penulis langsung mendaftar, karena keinginan belajar untuk bisa menulis dengan baik.

Penulis ingin mulai belajar meluangkan waktu untuk menulis dan terus menulis. Karena selama ini seolah tidak bisa meluangkan waktu untuk aktivitas yang satu ini. Atau bisa jadi sebagai alasan klise karena belum ada keinginan untuk meluangkan waktu untuk menulis.

Kini ada rasa syukur. Karena mulai terbersit keinginan untuk mau mencoba menuangkan materi dalam sebuah tulisan tanpa rasa malu. Belajar untuk jadi penulis yang memiliki gaya bahasa sendiri yang tidak menirukan orang lain, memulai dan siap untuk menulis dengan meluangkan waktu minimal 1 jam per hari. Mudah-mudahan dengan membiasakan diri menulis setiap hari selama 1 jam per hari minimal dilakukan selama 21 hari, maka akan menjadi pembiasaan yang lebih baik. Hal itu saya peroleh dari workshop menulis buku dan jurnal yang memberi motivasi

Harapan ke depan, dengan mengikuti Workshop Menulis buku dan Jurnal bertajuk Spirit Writing Class dengan jargon ‘tingkatkan kualitas bangun budaya literasi’ ini, semoga penulis bisa menelurkan sebuah buku. Buku yang nantinya akan bermanfaat bagi anak didik pada khususnya dan para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan pada umumnya. Semoga kami para guru mampu membuat artikel-artikel ilmiah, menyusun penelitian tindakan kelas, meskipun awalnya mustahil. Semoga berhasil.. Aamiin

Penulis: N. Dyah Hartati (Guru SMK Negeri 4 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment