Literasi Siswa Ala Moklet

By Redaksi 28 Sep 2017, 13:20:25 WIB Artikel Pelajar
Literasi Siswa Ala Moklet

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. M Ilham Fajar)


WPdotCOM -- Gerakan Literasi adalah gerakan penumbuhan budi pekerti siswa agar gemar membaca dan menulis. Pemerintah melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 memerintahkan agar setiap siswa bahkan remaja sekalipun untuk gemar membaca dan menulis. Dari membaca dan menulis kita dilatih untuk menuangkan semua yang kita peroleh dari membaca dan menyampaikan ke dalam tulisan yang bisa mendatangkan keuntungan bagi dirinya sendiri bahkan orang lain.

Dari “Gerakan Literasi” yang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia, Kami siswa-siswa SMK Telkom Malang mengadopsi cara literasi. Caranya yaitu dengan “Gerakan Literasi Digital”. Dan mengapa perlu adanya digital dalam gerakan kami? Hal ini dilatar belakangi oleh sekolah kami yang merupakan Pelopor Sekolah Informatika di Indonesia. Disini kami juga berharap “Gerakan Literasi Digital” bukan hanya tersebar di sekolah kami, namun juga tersebar di seluruh Indonesia melalui kehebatan dari teknologi yang ada.

Gerakan Literasi Digital adalah gerakan memperkuat penumbuhan melek teknologi. Salah satu kegiatannya adalah pemanfaatan internet untuk  mendapatkan referensi dari dunia terbuka. Disini saya akan memaparkan beberapa cara agar mendapatkan referensi atau ilmu dari internet yang secara tepat. Diantaranya programnya adalah pada contoh di atas.

Pertama di “Gerakan Literasi Digital” adalah membaca. Disini kita dapat membaca dari berbagai macam website, e-book (buku online), blog, dan lain-lain. Internet merupakan sarana yang sangat murah untuk mendapatkan berbagai macam ilmu, mulai dari ilmu umum, ilmu tentang informatika, ilmu tentang marketing, dan masih banyak juga yang lainnya.  Dari sini kita juga dapat mengikuti perkembangan tentang dunia, jadi tidak perlu membaca buku, koran, atau yang lain.

Kedua di “Gerakan Literasi Digital” adalah menganalisa. Di dalam menganalisa kita juga dapat menambah ilmu Menganalisa merupakan kegiatan untuk mendapatkan kesimpulan dari sumber yang kita baca.

Ketiga di “Gerakan Literasi Digital” adalah berkarya. Disini berkarya dalam dunia informatika bukan hanya menulis di blog atau yang lain. Kita juga dapat membuat website, video yang menarik, dan juga dapat berpartisipasi dalam lomba online yang banyak diselenggarakan. Selain itu kita dengan berkarya dapat mengasah mental dan memasarkan diri kita dalam dunia online.

 

Penulis: Muhammad Ilham Fajar (Siswa Kelas XI RPL 1 SMK Telkom Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment