Maju Pilkada 2020, Ryan Diovella Siapkan Kajian Potensi Daerah di Bidang Keagamaan Budaya dan Sosial

By Redaksi 11 Nov 2019, 13:33:50 WIB Liputan Khusus
Maju Pilkada 2020, Ryan Diovella Siapkan Kajian Potensi Daerah di Bidang Keagamaan Budaya dan Sosial

WPdotCOM, JakartaMenuliskan pemikiran sebagai hasil dari kajian-kajian yang dilakukan, menjadi sangat penting. Dengan begitu, akan menjadi jembatan komunikasi semua pihak.

Demikian ungkapan H. Ryan Diovella atau yang lebih akrab disapa HRD kepada media ini saat berbincang mengenai bukunya yang akan segera terbit. Buku bertajuk Membangun Tanah Datar, Kajian Potensi Daerah Berbasis Keagamaan, Budaya dan Sosial Kemasyarakatan tersebut dalam waktu dekat akan segera diluncurkan.

Terkait dengan muatan bukunya tersebut, ia menjelaskan, dalam buku yang ia susun berdasarkan kondisi kekinian Tanah datar, kajian potensi daerah memang menjadi sorotannya. Dan bidang keagamaan, budaya serta sosial kemasyarakatan adalah pilar penting bagi Tanah Datar untuk lebih maju.

Di bidang keagamaan, kita inginkan Tanah Datar menjadi pusat kegiatan keislaman. Ini sangat mungkin terjadi. Selama ini, Tanah Datar dengan masyarakatnya yang Islami, tentunya memiliki potensi yang luar biasa untuk kita jadikan standar nilai bagi kemajuan daerah, jelasnya.

Menurutnya lagi, di Sumatera Barat belum ada pusat kajian keislaman yang berstandar internasional. Dan Tanah datar adalah tempat yang paling cocok untuk dijadikan pilot project. Semua itu akan menguntungkan daerah dan masyarakatnya.

Pusat Kegiatan Keislaman yang kita maksud, bukanlah seperti yang ada di beberapa daerah, yang hanya menjadi objek kunjungan wisata rohani saja. Namun lebih dari itu, Tanah Datar sebagai daerah tertua di Ranah Minang, perlu objek ini sebagai pusat pengkajian dan tempat orang-orang melakukan kegiatan-kegiatan nasional di bidang ini, imbuhnya.

Mengenai bidang budaya, dalam buku yang ia tulis di tahun ini, tokoh pemerhati budaya dan pendidikan masyarakat ini pun berujar, Luhak Nan Tuo adalah standar budaya Minangkabau. Bila ini dianggap remeh oleh para pemangku kepentingan, dan hanya jadi slogan saja, tentunya salah besar. Masyarakat Tanah Datar yang Islami, selama ini dikenal dengan masyarakat yang berbudaya tinggi. Secara turun terumurun menyelenggarakan sistem peradatan dengan baik. Dan ini adalah tanggungjawab kita ke depan untuk mengemasnya secara lebih baik dan tepat guna.

Kalau bidang sosial kemasyarakatan, tentunya berkaitan dengan kondisi masyarakat di bidang pendidikan dan pereknomian, serta bidang lainnya dalam kehidupan. Peningkatan pembangunan manusia, pembangunan ekonomi melalui UMKM yang selama ini menggerakkan perekonomian daerah, serta mengemas kepariwisataan yang menguntungkan masyarakat daerah, adalah suatu bentuk program kerja daerah yang sepantasnya ada, katanya.

Jadi, menurut sosok yang sejak masa sekolahnya juga hobi menulis karya sastera ini, buku yang ditulisnya sekarang adalah bentuk tanggungjawab pemikiran sebagai elemen warga. Ke depan, bersama tokoh masyarakat dan unsur lainnya di Luhak Nan Tuo itu, ia akan mulai mengembangkan potensi yang ada.

Saya punya niat mengabdi dan melayani masyarakat. Melihat kenyataan yang ada saat ini, saya berniat maju di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang. Hal itu sudah saya buktikan dengan mendaftarkan diri melalui partai politik. Prosesnya saat ini sedang berjalan, pungkas H. Ryan. (ni/tim)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment