Makna Kemerdekaan Bagi Seorang Guru

By Redaksi 28 Agu 2017, 17:18:47 WIB Suara Guru
Makna Kemerdekaan Bagi Seorang Guru

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Pada tahun ini bangsa kita mreyakan kemerdekaan yang ke 72.

Seperti biasanya, di banyak instansi baik itu pemerintah maupun swasta mengadakan upacara bendera. Begitupun dengan Kantor KEMENAG . Dalam sambutannya, pembina menyampaikan pesan agar kita mengisi kemerdekaan dengan sebaik baiknya.

Berpijak dari sambutan  yang disampaikan oleh pembina Upacara, sebagai seorang guru aku  mencoba berfikir dan merenung, benarkah kita sudah merdeka?  Apa esensi dari kemerdekaan bagi guru? Bagaimana  seharusnya  aku sebagai seorang guru mengisi kemerdekaan?

Saat ini memang negara kita sudah merdeka, akan tetapi makna merdeka yang haqiqi sepertinya belum sampai kepada pribadi masing-masing warga negara. Berbagai lapisan masyarakat sepertinya masih hidup terbelenggu. Mereka merdeka tetapi terjajah!

Hal inipun terjadi pada para guru. Masih banyak guru yang terjajah. Terjajah dalam artian bukan tertindas oleh lawan yang mengangkat senjata akan tetapi  terpasung oleh sesuatu muncul dan menggangu pola pikir guru.

Tanda tanda  guru yang terbelenggu  dan belum bisa memaknai kemerdekaan antara lain, guru belum mampu menyusun program dan belum mampu menyelesaikan administrasi yang  berkaitan dengan tugasnya.  Guru yang hanya mau copy paste tanpa mau berfikir, sebenarnya  mentalitasnya terjajah.  

Keilmuan yang tidak mutakhir. Guru harus siap dengan segala perubahan utamanya ilmu pegetahuan yang mereka geluti agar bisa mengembangkan profesionalitas mereka sebagai guru. Bila guru tidak mau belajar maka mereka akan ketinggalan jaman secara keilmuan lebih jauh para siswapun  bisa jadi kurang terkesan dengan guru mereka .

Hubungan dengan teman sejawat yang kurang harmonis. Perasaan ini bisa muncul karena perasaan iri, dengki, buruk sangka dan lain sebagainya. Hubungan dengan teman yang kurang baik akan menjadi dinding penghalang dalam menjalankan tugas kita. Sedangkan hubungan  dengan Teman yang baik menjadikan keilmuan kita bisa berkembang.

Guru harus mampu memebebaskan diri hal yang membuatya terbelenggu. Bagi saya, guru bisa dikatakan merdeka apabila ia mampu membuat program yang berkaitan dengan tugas mengajar dan menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Guru juga tidak alergi untuk mengembangkan keilmuan mereka dan juga mampu bekerjasama dengan guru lainnya dalam melaksankan tugas yang diembannya.

Dari sekelumit uraian tentang makna merdeka bagi guru di atas, mudah-mudahan kita mampu meraih dan mengisi kemerdekaan dengan selalu meningkatkan keilmuan, semangat kerja keras dilandasi keikhlasan dan kesabaran demi mengantarkan anak bangsa menjadi insan yang bermartabat.

Salam Merdeka!

Penulis: Marfu’ah (Guru SD Negeri Tunjungsekar 3 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment