Mau Bikin Game Edukasi untuk Siswa dan Anak? Cukup Gunakan Software Construct 2

By Redaksi 23 Apr 2018, 18:14:19 WIB Ilmu Pengetahuan & Teknologi
Mau Bikin Game Edukasi untuk Siswa dan Anak? Cukup Gunakan Software Construct 2

WPdotCOMPada tahun 2007 saya mulai merintis usaha warnet. Waktu itu game belum seramai sekarang. Saya ingat waktu itu lagi ramainya pengguna aplikasi chatting di Yahoo Messenger.

Sekarang, game sudah menjadi trend di kalangan anak muda. Bahkan siswa TK dengan ponsel berbasis Androidnya sudah bisa memainkan game. Anak saya sendiri yang masih berumur 4 tahun, sudah pandai menggunakan ponsel yang menggunakan operating system berbasis Android.

Sebagai orangtua dan guru, kita tidak bisa mengelak dengan perkembangan teknologi. Sebagian besar kalangan orangtua berpendapat, game berdampak negatif pada dunia pendidikan Alasan itu dinyatakan dengan siswa yang menjadi malas belajar, sampai pada pola hidup yang tidak teratur.

Kita tidak bisa mengelak lagi dengan game yang hampir tiap hari selalu update. Hal ini dibenarkan oleh Eko Nugroho "Padahal, ada sekitar 3000 game baru ada di appstore setiap harinya dan terus diperbarui, mana bisa kita 'melawan' game online?" ucap game designer asal Bandung yang pernah menjadi finalis di Gamification World Award itu.

Sebagai guru Matematika, penulis ingin mengembangkan game yang dikemas dalam pembelajaran sekaligus sebagai alat evaluasi. Game edukasi  sangat  menarik  untuk  dikembangkan.

Ada  beberapa  kelebihan  dari game edukasi  dibandingkan dengan  metode  edukasi  konvensional.  Salah  satu kelebihan utama  game edukasi  adalah  pada  visualisasi  dari  permasalahan nyata. Massachussets  Insitute  of  Technology (MIT),  berhasil membuktikan  bahwa  game sangat  berguna  untuk meningkatkan  logika  dan pemahaman  pemain  terhadap  suatu masalah melalui proyek game yang dinamai Scratch.

Berdasarkan  pengalaman di kelas, anak lebih tertarik ketika proses pembelajaran dengan menggunakan game ataupun permainan. Tidak  diragukan  lagi bahwa game edukasi dapat menunjang proses pendidikan. Salah  satu  aspek keunggulan  yang juga signifikan,  adalah adanya animasi yang dapat meningkatkan daya ingat, sehingga anak dapat menyimpan materi pelajaran  dalam waktu  yang lebih  lama  dibandingkan  dengan  metode  pengajaran konvensional.

Game edukasi berbasis simulasi, didesain untuk mensimulasikan permasalahan yang  ada,  sehingga  diperoleh esensi  atau  ilmu  yang  dapat  digunakan  untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Game simulasi dengan tujuan edukasi ini, dapat digunakan  sebagai  salah  satu  media pendidikan  yang memiliki  pola  pembelajaran learning  by  doing. 

Berdasarkan pola  yang  dimiliki oleh  game tersebut,  pemain dituntut  untuk belajar  sehingga dapat menyelesaikan  permasalahan yang  ada. Status game, instruksi, dan  tools yang  disediakan  oleh  game, akan  membimbing pemain secara aktif untuk menggali informasi,  sehingga dapat memperkaya pengetahuan dan strategi saat  bermain. 

Game juga merupakan konsumsi dari semua kalangan. Tidak hanya anak balita saja, bahkan di era gadget saat ini bahkan yang tua-tua juga masih senang dalam permainan game. Dan menurut saya, game yang mudah dalam pembuatannya bagi guru dan orangtua, adalah game yang menggunakan software Contsruct 2.

Software ini mudah digunakan tanpa harus menggunakan coding, sehingga cocok untuk semua kalangan yang tidak menguasai pemrograman HTML. Dengan software ini, kita cukup dengan klik pada menu yang telah disediakan sehingga kita bisa membuat game edukasi sederhana dengan mudah.

Dengan demikian, game bukan hanya berdampak negatif. Akan tetapi justru akan berdampak positif manakala kita sebagai tenaga pendidik, mengemas game edukasi dengan proses pembelajaran bahkan sampai tahap evaluasi. Kita bisa mengonstruksi game edukasi itu, sehingga siswa menjadi senang dalam proses pembelajarannya.

Penulis: Mokhammad Ridoi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment