Mau Menulis? Berjuanglah!

By Redaksi 04 Nov 2017, 20:52:06 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Mau Menulis? Berjuanglah!

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Dok. Google)


WPdotCOM -- Menulis!  Satu kata yang membuat kita kadang merasa enggan, lelah, bahkan gundah. Karena kita tidak tahu darimana kita dapat memulainya. Begitupun dengan saya.

Beberapa hari yang lalu, sahabat terbaik saya memberikan informasi tentang pelatihan menulis. Tanpa memperdulikan dari instansi mana pihak penyelenggaranya, saya pun tertarik dan semangat untuk mendaftar. Akan tetapi dalam hati saya juga berkecamuk, saya bukan tipe orang yang suka menulis, tujuan saya hanya satu “ingin tahu” .

Kekuatan rasa ingin tahu membuat saya menanti hari Sabtu,  tanggal 4 Nopember ini. Seperti seorang anak yang hendak melakukan outbond bersama teman-temannya.

4 Nopember yang kutunggupun akhirnya tiba. Pagi seperti biasa prepare akan segala keperluan. Dalam hati mengungkapkan, saya ingin belajar hari ini dan besok. Semua jadwal mingguan pun dihentikan untuk hari ini.

Ternyata kenyataan tak seindah bayangan. Semangat yang menggebu bukan modal semata. Karena tiba-tiba ada deringnya telepon seluler menandakan ada sesuatu. Yups.  Kepala Sekolah pun menginformasikan bahwa saya harus mengikuti  kegiatan di salah satu hotel kota Malang.

Sedikit kecewa karena tidak sesuai rencana secara tertulis. Akan tetapi Allah telah menyiapkan rencana terindah pula. Kegiatan belum usai saya minta ijin untuk mengikuti kegiatan Workshop Penulisan Karya ilmiah. Ternyata tidak mudah juga perjuangan saya untuk mengikuti kegiatan ini.

Saya ijin, saya order gojek. Ya ampun,  ternyata perjuangan belum berakhir. Karena gojek juga punya birokrasi yang tidak diperbolehkan untuik mengangkut di daerah-daerah yang ditentukan. Pada akhirnya saya yang harus berjalan mencari jejak abang gojek. Pada akhirnya, Sang gojekpun juga tidak  saya temukan .

Jalan terbaik yang harus saya tempuh yang terbaik, hanya satu. Menghubungi mantan pacar terbaik saya. Perjuangan pun belum berakhir ternyata, karena pagi terburu-buru ada agenda mendadak, laptoppun ikut tertinggal. Jalan satu-satunya harus mengambil dulu ke sekolah. Ada lagi proses yang harus saya jalani untuk menempuh perjalan belajar menulis hari ini.

Pukul 11.54 tibalah saya di tempat yang harus saya perjuangkan hari ini. Dan ternyata saya sampai pada saat ishoma. Malu tapi mau. Datang, duduk, makan.  Kegiatan selanjutnya  sesi menulis. Bingung pastinya, karena tidak tahu harus menulis apa. Inikah yang saya tunggu di 4 Nopember.

Satu catatan terbaik untuk hari ini, apapun itu harus diperjuangkan. Menulis juga harus diperjuangkan dan harus dilakukan. Bersyukur yang amat sangat  dapat bertemu dan belajar pada narasumber yang qualified. Bahagia bertemu dengan teman-teman hebat di ruangan ini.

Penulis: Dila Mei Dwiharini (Guru SDN Pisangcandi 4 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment