Membangun Komunitas Guru Bermutu, Penting Bagi Kelangsungan Pendidikan Nasional

By Redaksi 04 Des 2017, 19:44:52 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Membangun Komunitas Guru Bermutu, Penting Bagi Kelangsungan Pendidikan Nasional

Keterangan Gambar : Santy Fidrianna (Dok. Nova Indra)


WPdotCOM -- Guru bermutu adalah guru yang profesional. Artinya guru yang bisa menjalankan profesinya sehari-hari secara profesional.

Guru profesional adalah guru yang menguasai ilmu pengetahuan yang diajarkan dan ahli mengajarnya, menyampaikannya. Dengan kata lain guru yang bermutu adalah guru yang mampu membelajarkan peserta didiknya tentang pengetahuan yang dikuasainya dengan baik. Ketercapaian target pendidikan juga ditentukan oleh kualitas guru pengajar di kelas. 

Diakui atau tidak guru memegang peranan penting dalam mengelola kelas. Jika gurunya tidak bermutu bagaimana hasil kompetensi peserta  didik yang diajarnya? Akan sangat dipertanyakan kredibilitasnya dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.

Dalam bergaul dan bersosialisasi, hendaknya seorang guru memilih komunitas yang bisa meningkatkan kompetensinya. Misalnya bergabung dengan komunitas atau forum kepenulisan karya tulis ilmiah, mengikuti wokshop peningkatan kompetensi mata pelajaran yang diampunya, atau ikut seminar pendidikan yang diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan. Hal itu terbukti ampuh untuk menambah wawasan. Dunia itu lebar, tidak selebar daun talas. Atau kalau bisa dianalogikan, sebagai guru jangan seperti katak dalam tempurung. Tidak tahu kehidupan lain di luar pagar sekolah kita. Sangat ironis.

Era teknologi sekarang ini sudah demikian maju. Pertanyaannya adalah, apakah kita sebagai guru hanya diam memandangi laju dunia pendidikan yang bergerak pesat? Menyerahkan semua pada guru muda berbakat yang bisa diandalkan untuk melakukan tugas kita dan kemudian menggantikan kita? Mari mulai hari ini kita membangun dan bergabung dengan komunitas guru bermutu agar kita sebagai guru juga pintar. Ini adalah peningkatan kualitas diri. Jangan menyerah dan melakukan pembenaran diri untuk tidak maju.

Lihatlah wajah-wajah murid kita yang selalu setia dan menunggu kedatangan kita di kelas setiap hari. Tegakah kita hanya memberikan ilmu yang hanya itu-itu saja ? Sedangkan kita berkesempatan luas untuk membangun dan meningkatkan kualitas diri kita dengan mengikuti kegiatan yang positif yang tersebar di sekitar kita?

Banyak hal positif yang didapatkan dari bergaul dan bersosialisasi jika kita membangun  komunitas guru bermutu. Paling tidak ilmu yang dibagikan akan menambah kompetensi kita. Dari yang tidak paham menjadi paham. Dari yang sudah paham menjadi expert. Saling berbagi adalah kata kuncinya. Guru dituntut untuk menjadi superman atau superhero  di depan kelas. Apalagi guru bermutu adalah guru yang mampu dan mau mengajar secara professional, bukan asal-asalan. Jadi, tunggu apalagi, mari kita membangun komunitas guru bermutu agar tercipta iklim pendidikan yang terus maju dan berkembang sesuai tuntutan jaman. Membangun komunitas guru bermutu adalah wadah bagi impelementasi dan aktualisasi seorang guru di dalam meningkatkan kinerja dan kualitas diri. Salam literasi guru Indonesia!

Penulis: Santy Fidrianna, SE, MM (Direktur Publikasi dan Penerbitan pada lembaga P3SDM Melati)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment