Menemukan Perubahan Diri untuk Berkarya

By Redaksi 07 Okt 2017, 18:01:45 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Menemukan Perubahan Diri untuk Berkarya

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Waktu menunjukkan pukul  delapan pagi kurang sepuluh menit. Hari ini kami harus berangkat ke sekolah untuk suatu kegiatan. Kegiatan itu berkaitan dengan pengembangan diri guru di bidang literasi.

Sesuai dengan peraturan yang ada, para pendidik wajib mengembangkan diri di bidang penelitian dan penulisan perbaikan pembelajaran. Dan dua hari ini, pencerahan tentang penulisan karya ilmiah untuk pendidik akan digelar.

Pukul 08.30 acara di mulai oleh bu Santy dengan doa dan perkenalan. Ia adalah salah seorang tim pembimbing kegiatan workshop kepenulisan karya tulis ilmiah guru. Melalui lembaga Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melatinya, bu Santy akan membimbing para pendidik bersama pimpinan lembaga tersebut.

Setelah paparan awal terkait lembaga P3SDM Melati dengan semua unit kegiatannya, pemaparan program, maksud dan tujuan, kemudian  dilanjutkan dengan sambutan Kepala SDN Sawojajar 5, H. Sujamantra. 

Pemaparan oleh pemateri pertama itu tidak dapat saya ikuti secara keseluruhan. Disebabkan ada tamu dari Dinas Sosial Kota Malang, saya pun harus mondar mandir. Tentu saja hal itu berakibat pada terbaginya konsentrasi dengan materi pertama. Belum lagi dimintai tolong untuk mengisi pencerahan Penilaian Angka Kredit yang ada hubungannya dengan Karya ilmiah.

Pukul 09.30 istri minta dijemput karena ingin ikut workshop juga. Sesampai di tempat workshop kami berdua  mengikuti  pemaparan lanjutan.  Kegiatan berlangsung hingga jam istirahat pukul 11.30 siang. Waktu istirahat pun digunakan seluruh peserta bersama pemateri untuk sholat Dhuhur dan makan siang. Alhamdulillah menu makan siang cukup baik.

Setelah jam istirahat selesai, saya coba untuk mengisi materi Penilaian Angka Kredit. Dengan tanya jawab dan sharing tentang penilaian angka kredit, yang ada kaitannya dengan karya ilmiah bergulir dengan baik. Peserta merasa terbantu dan memberi saran agar sosialisasi kepada teman-teman guru yang belum bisa menghitung angka kreditnya.

Selanjutnya tibalah waktu pemaparan materi oleh pimpinan P3SDM Melati, Nova Indra. Ia pun  memaparkan  tentang penulisan artikel dan karya ilmiah yang begitu gamblang tentang teori sebuah karya.

Hati kecil jadi bertanya, ingin rasanya menulis sebanyak-banyaknya sebuah karya, tetapi kadang terbentur dengan kebuntuan-kebuntuan dan kehabisan kata-kata. Semoga dengan workshop ini, peluang untuk menulis semakin terbuka, berbagi manfaat untuk sesama di dunia pendidikan.

Penulis: H. Sujamantra, S.Pd. MM (Kepala SD Negeri Sawojajar 5 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment