Menulis Gaya Kekinian Bagi Generasi Muda, Sebagai Media Apresiasi Diri

By Redaksi 09 Agu 2018, 20:47:28 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Menulis Gaya Kekinian Bagi Generasi Muda, Sebagai Media Apresiasi Diri

Keterangan Gambar : Ilustrasi: Google Image


WPdotCOM -- Hai sobat muda yang semangat! Kalian mau kan menulis dengan bahasa populer yang bisa dinikmati oleh kalangan muda? Yang ringan dengan pemakaian bahasa kekinian dan tidak membosankan?

Pasti kalian bisa. Hanya mungkin menurut saat ini belum ada kemauan untuk menulis. Selalu dibebani dengan perasaan malas dan takut salah. Coba deh guys...hilangkan rasa itu.

Mulai sekarang, coba memulai menulis dengan cara mencari bahan bacaan referensi yang mudah dipahami. Misalnya browsing di internet, baca majalah, koran,  dan tabloid di kolom opini. Di situ akan ada tulisan yang ringan dibaca, yang tidak menyebabkan dahi berkerut. Sekali lagi jangan buka tulisan tentang artikel ilmiah yang membuat kita down sebelum menulis. Apalagi tulisan tentang politik, perekonomian  negara, strategi membangun partai, dan lainnya ... Forget it! Yang enteng saja.

Jika kalian sudah menemukan “feel” tentang ide atau gagasan dari bahan bacaan atau peristiwa singkat yang terjadi di sekitar kita, segera tuliskan tanpa rasa bersalah. Sudah tulis aja, hajar! Karena model labrak akan sangat membantu dalam menaikkan semangat nulis. Biar urusan editor saja untuk membetulkan tulisan kita. Masalah konten dari pikiran kita itu yang lebih penting. Segera tangkap ide yang muncul dan tuliskan.

Sebagai remaja generasi masa kini, akan banyak sekali tema yang bisa diusung. Judul pun jangan terlalu panjang sehingga membikin orang mules bacanya. Contoh judul yang bisa menarik mata untuk membaca misalnya:  “Kalau Cinta, bawa aku ke KUA”, “AREMA Selalu di Hatiku“, Antara Aku dan Hujan”, “Senandung Rindu untuk Kekasihku“ dan banyak lagi judul yang membuat eye catching.

Nah agar ada orang lain yang mau baca tulisan karya kita, coba deh kirimkan naskah tulisan kamu dengan modal nekat sebagai ajang uji nyali ke media cetak atau news portal. Di situ, kalian akan mengetahui apakah tulisan kalian layak untuk dibaca. Seberapa besar kompetensi kita dihargai orang lain. Ini penting untuk mengukur kapasitas kita sebagai kawula muda yang melek media.

So? Tunggu apalagi? Yukk menulis bersama kami tim P3SDM MELATI dengan unit AREMA MUDA MENULIS sebagai ajang sharing dan menambah pengetahuan tentang kepenulisan. Kita menyediakan wadah untuk publikasi berupa media cetak dan  elektronik. Jadikan masa remajamu lebih berarti dengan menuliskan semua kejadian hebat pada dirimu baik prestasi maupun kisah cintamu. Gabung bersama kami di www.warta-pendidikan.com dan ig@aremamudamenulis

C’mon guys... we look forward to hearing from you soon. SALAM LITERASI!

Penulis: Santy Fidrianna (Dir. Pelatihan, Publikasi dan Penerbitan pada lembaga P3SDM Melati)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment