Menulis itu Mudah, Bahkan Sangat Mudah

By Redaksi 29 Jan 2018, 13:46:19 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Menulis itu Mudah, Bahkan Sangat Mudah

WPdotCOM -- Kurang lebih dua minggu lalu, ada kabar dari seorang teman tentang kegiatan Workshop Menulis Artikel. Kabar tersebut kami sambut gembira.

Mengapa ada kegembiraan? Karena kebutuhan benar-benar ingin menulis, tetapi selama ini tidak mempunyai kemampuan untuk mewujudkannya. Langsung saja penulis mendaftarkan diri pada data yang ada di nomor nara hubung pada brosur yang ada di SMKN 5 Malang sebagai salah seorang peserta.

Tiba waktunya untuk mengikuti workshop menulis itu. Selesai sarapan bersama keluarga, langsung mengemudi menuju Togamas, tempat penyelenggaraan kegiatan. Empat puluh lima menit perjalanan, akhirnya tiba di lokasi. Masuk menuju tempat workshop, ternyata sudah ada beberapa peserta lain, dan kegiatan pun belum dibuka walau waktunya sudah melewati yang ditentukan, 09.30.

Mencari posisi tempat duduk yang nyaman untuk pandangan ke layar LCD, akhirnya kami memilih duduk di barisan kedua sebelah kanan. Tidak lama kemudian, tepatnya jam sepuluh lewat sedikit acara workshop dibuka oleh Santy Fidrianna, salah seorang pimpinan kegiatan. Dia  memperkenalkan diri dan menyampaikan tentang kegiatan yang mereka selenggarakan bersama rekannya yaitu Nova Indra dan dua orang lainnya lagi dalam tim mereka. Setelah menyampaikan pembukaan, dan sedikit penjelasan tentang kegiatan hari ini, ia memberikan kesempatan kepada narasumber untuk melanjutkan pembicaraan.

Dengan posisi berdiri, Nova Indra sebagai narasumber memulai pembicaraan. Ia menjelaskan tentang kegiatan yang beliau laksanakan selama ini. Pun menyampaikan tentang P3SDM Melati, apa dan bagaimana kegiatan yang dilaksanakan selama ini.

Sambil menjelaskan, ia juga melakukan tanya-jawab kepada beberapa orang peserta. Ada beberapa peserta yang ditanya, seperti ibu Yurin, bu Rustika, pak Tri Wahyudi dan termasuk saya sendiri.  Pertanyaan yang disampaikan oleh beliau tidak terlalu sulit, seperti ibu mengajar pelajaran apa di sekolah, ada permasalahan tidak di sekolah, dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya.

Penulis sendiri ditanya tentang punya motivasi atau tidak untuk menulis, langsung saja penulis jawab bahwa memang mempunyai motivasi yang tinggi untuk menulis, tetapi tidak bisa menulis bahkan terasa sulit sekali untuk mengawali tulisan.

Setelah banyak bertanya kepada peserta, beliau menyampaikan bahwa apa yang baru dipercakapkan itu semuanya bisa dibuat ke dalam bentuk tulisan. Wow… kelihatannya menulis itu gampang menurut beliau. Kok ingin sekali rasanya saya juga bilang kalau menulis itu mudah, bahkan sangat mudah.

Percakapan beralih kepada masalah utama yaitu tentang menulis. Beliau memberikan penjelasan tentang artikel atau karya tulis ilmiah. Ada beberapa jenis artikel, diantaranya yaitu, eksploratif, eksplanatif, deskriptif, dan prediktif, serta preskriptif. Mendengar penjelasan itu, penulis mulai mencoba untuk memahaminya dan memutuskan untuk menulis.

Penulis: Rina Widayanti (Guru SMK Negeri 5 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment