Menyikapi Kebijakan Kemendikbud Sekolah 5 Hari Sepekan, Kota Malang Siap Laksanakan

By Redaksi 14 Jun 2017, 20:00:12 WIB Daerah
Menyikapi Kebijakan Kemendikbud Sekolah 5 Hari Sepekan, Kota Malang Siap Laksanakan

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Pendidikan kota Malang, Zubaidah (Courtessy TimesIndonesia)


Malang, WPdotCOM – Menyikapi kebijakan terkait dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang penetapan 5 hari sekolah dalam sepekan, Dinas Pendidikan Kota Malang menyatakan kesiapannya.

Menurut  Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaidah, ada beberapa hal yang melatari akhirnya Pemkot Malang membuat aturan lima hari sekolah seiring kebijakan baru yang diterbitkan kementerian terkait.

"Rata-rata di Malang, para wali siswa bekerja sampai sore, anak sepulang sekolah tidak mau pulang, justru mau di sekolahan nunggu orang tuanya pulang. Dari situ kita isi dengan ekstrakurikuler," kata Zubaidah.
Mencermati hal tersebut, Dinas Pendidikan kota Malang mulai mengkaji sistem lima hari sekolah. Zubaidah menuturkan, kalau lima hari sekolah, waktu efektif untuk kegiatan belajar mengajar hanya sampai jam 2 siang.

"Biar tidak bosan, jam 9 kita imbau anak melaksanakan kegiatan berdoa bersama sesuai agamanya. Yang Islam kita ajak untuk salat Dhuha," katanya.

Aturan itu tak serta merta diterima semua sekolah di Malang. Zubaidah mengatakan, sempat ada yang menolak untuk menerapkan kebijakan itu, tapi akhirnya sekolah itu mau menyesuaikan.

"Tahun 2017 hampir semua sudah menerapkan untuk negeri. Sedangkan SD belum semua, masih kita tawarkan. Alhamdulillah tidak ada yang komplain, orang tua juga senang," ungkap Zubaidah. (*)


 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment