Mulai Tahun Pelajaran Baru, Siswa Wajib Nyanyikan Indonesia Raya Setiap Hari

By Redaksi 21 Mei 2017, 10:01:28 WIB Nasional
Mulai Tahun Pelajaran Baru, Siswa Wajib Nyanyikan Indonesia Raya Setiap Hari

Keterangan Gambar : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy


Solo, WPdotCOM -- Mulai tahun pelajaran baru mendatang, setiap hari siswa di sekolah wajib menyanyikan lagu Indonesia Raya.

“Ini merupakan tindak lanjut surat edaran Kemendikbud. Semua sekolah dari Sekolah Dasar hingga SLTA, diwajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari,” demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy setelah kunjungannya ke Lokananta, perusahaan rekanan berplat merah di Solo, Sabtu (20/5) kemarin.

Mengenai teknisnya, menurut Muhadjir, siswa akan menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari sebelum pelajaran dimulai. Dan masing-masing siswa akan bergantian memimpin lagu tersebut sebagai dirigennya.

“Dengan pembiasaan itu, siswa-siswa kita akan terbiasa dengan lagu kebangsaan dan lagu-lagu nasional. Dan juga semakin terbiasa memimpin lagu Indonesia Raya,” imbuh Muhadjir.

Selain itu kata Muhadjir lagi, dengan pembiasaan tersebut, jiwa nasionalis akan kembali merasuk ke dalam jiwa generasi muda Indonesia.

“Ada sekitar 50 juta siswa kita saat ini yang tersebar di 220 ribuan sekolah hingga ke pelosok Nusantara. Dan kebijakan ini akan kita lakukan bertahap,” terangnya.

Kunjungan Muhadjir ke Lokananta Solo tersebut, adalah dalam rangka memproduseri pembuatan CD lagu-lagu nasional, sebagaimana program yang ada di Ditjend Kebudayaan kementerian yang dipimpinnya saat ini. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment