P3SDM Melati Buka Pendaftaran Workshop Satu Guru Satu Buku

By Redaksi 17 Agu 2017, 09:44:16 WIB Sekolah Indonesia Menulis
P3SDM Melati Buka Pendaftaran Workshop Satu Guru Satu Buku

Keterangan Gambar : Brosur Sekolah Indonesia Menulis (Dok. Pribadi)


Reporter: d’Nouvelle

Editor: d’Nouvelle

WPdotCOM – Pusat Pengkajian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati, kembali membuka program baru. Menjawab tantangan pengembangan sumber daya guru di seluruh daerah, program Satu Guru Satu Buku kini telah dibuka.

“Program ini sebenarnya sudah lama kita kembangkan. Sejak tahun 2011 lalu, program bimbingan kepenulisan untuk guru-guru telah kita luncurkan. Selama ini, kita fokus pada pembimbingan kepenulisan PTK-PTS. Kini, menjelang Ramadhan  tahun ini, program ini kembali kita buka dengan sistim grup di masing-masing daerah,” demikian disampaikan Nova Indra, pimpinan sekaligus owner P3SDM Melati kepada WARTA PENDIDIKAN, Minggu (7/5).

Menurut Nova, program satu guru satu buku ini, sesuai dengan kebijakan pemerintah pada sektor terkait. Melalui unit kegiatan Sekolah Indonesia Menulis yang memiliki program pengembangan aktivitas budaya literasi nasional itu, lembaganya secara intens melakukan pembimbingan di bidang ini.

“Kita akan lakukan bimbingan mulai dari awal hingga naskah karya tulis guru itu selesai dan siap untuk diterbitkan. Untuk penerbitan sendiri, kita memiliki unit kegiatan di P3SDM Melati yaitu P3SDM Melati Publishing. Jadi semua sudah kita siapkan,” terang Nova.

Menurutnya lagi, program satu guru satu buku ini bukanlah hal sulit bagi guru dalam mengikutinya. Ada dua jenis layanan program bimbingan yang ada di Sekolah Indonesia Menulis. Program tersebut dapat diperoeh oleh guru secara tatap muka melalui Workshop Satu Guru Satu Buku, dan Workshop Menulis Online.

“Untuk program workshop tatap muka. Kita targetkan dalam waktu dua bulan dengan sistim 2 hari tatap muka dengan waktu pertemuan 10 jam efektif, dilanjutkan bimbingan online selama dua bulan hingga peserta menyelesaikan naskah bukunya. Kita juga membantu proses editing per bab atau bagian buku tersebut. Jadi peserta benar-benar dibimbing hingga selesai,” imbuhnya.

Mengenai penerbitan karya tulis atau buku yang dihasilkan oleh peserta yang dibimbingnya itu, penulis beberapa novel dan buku referensi tersebut menjelaskan, P3SDM Melati Publishing menyediakan penerbitan dan cetak buku sesuai kebutuhan penulis. Jadi bisa dilakukan proses cetak dengan jumlah eksemplar minimal 50 buah.

Sementara itu untuk workshop online, pihaknya menyediakan waktu 4 jam setiap hari. Bagi guru yang menginginkan bimbingan, dapat mendaftarkan diri secara pribadi. Dan lama bimbingan lebih pendek dari workshop tatap muka, hanya sebulan untuk workshop online.

Mengenai pembiayaan, untuk Workshop Tatap Muka dibebankan biaya hanya Rp1,8juta saja per peserta. Sementara untuk Workshop Online, pihaknya menetapkan biaya Rp2juta.

“Ini kesempatan bagi guru-guru di daerah manapun. Kami akan turunkan tim instruktur yang kompeten. Bukan hanya mampu memberi teori, tapi benar-benar melakukan bimbingan sesuai kapasitasnya masing-masing,” jelasnya. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

  1. GIRIS INDRIYATI 06 Agu 2017, 15:20:33 WIB

    bagaimana cara mengikuti

    Redaksi 07 Agu 2017, 12:28:37 WIB

    Silahkan hubungi kami via telepon/sms/WA di nomor 08121344090 bu Giris Indriyati.
    Kegiatan kita ada di seluruh kota dan kabupaten.

View all comments

Write a comment