P3SDM Melati Sambangi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Se-Tanah Datar

By Redaksi 02 Des 2019, 15:53:54 WIB Daerah
P3SDM Melati Sambangi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Se-Tanah Datar

Keterangan Gambar : Tim P3SDM Melati Sambangi MKKS SMP Tanah Datar (Dok. NA)


WPdotCOM, Batusangkar – Guna mengembangkan potensi kegiatan di Sumatera Barat, tim dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Manusia (P3SDM) Melati sambangi Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan MKKS yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanjung Baru, Nagari Tanjung Alam itu, dihadiri sejumlah Kepala Sekolah yang tergabung ke dalam forum tersebut.

Pada kesempatan itu, tim P3SDM Melati yang dipimpin perwakilan wilayah Tanah Datar Aliardi bersama Nopil Asrianto salah seorang anggota tim, menyampaikan program-program lembaga yang berpusat di Kota Malang tersebut.

Dalam kesempatan itu, sebagaimana dijelaskan Aliardi kepada media ini, pihak P3SDM Melati sangat intens dalam mengembangkan budaya literasi di kalangan pendidik di negeri ini. Dan di wilayah Tanah Datar, P3SDM Melati mengajak para pendidik, teutama kepala sekolah yang menjadi teladan para guru itu untuk menggiatkan Gerakan Literasi Nasional.

“Khususnya pada bidang menulis karya ilmiah, kami mengajak para kepala sekolah tingkat SMP ini untuk menjadi contoh di kalangan pendidik di Tanah Datar. Kita menawarkan program Workshop Menulis Buku dan Jurnal kepada mereka,” jelas Aliardi pada Salingka Nagari, Senin (2/12).

Aliardi berharap, kegiatan Workshop Menulis Buku dan Jurnal dapat terlaksana melalui MKKS itu. Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi kepada guru-guru yang ada di Tanah Datar dalam rangka peningkatan kualitas dan menghidupkan budaya literasi di lingkungan pendidikan.

Hal yang sama disampaikan Nopil Asrianto, bahwa dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru, bidang Piblikasi Ilmiah dan Karya Inovatif menjadi salah satu penentu bagi guru dalam manapkai jenjang kepangkatannya. Bila tidak dipenuhi, jelas saja akan terkendala untuk urusan kenaikan pangkat dan golongan.

“Banyak pendidik yang terkendala kenaikan pangkatnya karena tidak melakukan PKB Guru di bidang Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi Ilmiah. Di sini kami menawarkan bimbingan kepenulisan melalui workshop-workshop yang terpandu secara benar dan dinarasumberi oleh tenaga ahli yang berpengalaman,” terang Nopil.

Pada kesempatan itu, Mukhlis, Ketua MKKS SMP Tanah Datar mengiyakan paparan tim P3SDM Melati di hadapan anggota forum. Menurut Mukhlis, PKB Guru menjadi sangat penting dilaksanakan. Selain terkait dengan kepangkatan, tentunya juga sebagai bukti profesionalitas pendidik.

Kepada anggota forum, Mukhlis menyampaikan, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah ini merupakan kegiatan rutin untuk membangun peran dan fungsi kepala sekolah yang aktif, kreatif dan inovatif.

Lebih lanjut ia menuturkan, ke depan kepala sekolah tidak lagi melakukan kebijakan-kebijakan yang bersifat sentralistik, tetapi juga bergerak ke arah desentralistik. Dalam artian, kepala sekolah tidak lagi berkerja secara individual, tetapi berkerja dalam team work yang cerdas. Salah satunya dengan adanya forum MKKS.

“MKKS adalah team work yang cerdas tersebut,” jelas Mukhlis yang sehari-hari menjabat Kepala SMP Negeri 2 Batusangkar itu. (*/NA)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment