Pemberdayaan Literasi Guru, Penting Bagi Dunia Pendidikan

By Redaksi 31 Agu 2017, 22:08:35 WIB Suara Guru
Pemberdayaan Literasi Guru, Penting Bagi Dunia Pendidikan

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM --- Kegiatan kepenulisan bagi pendidik, adalah keharusan yang tidak dapat dipungkiri. Selain sebagai salah satu syarat kenaikan tingkat golongan guru, menulis juga dibutuhkan sebagai salah satu keterampilan.

Hal itu disampaikan Kepala SD Negeri Bandungrejosari 2 Kota Malang  Dyah Pusnamastuti Ningrum, M.Pd saat membuka workshop Kepenulisan KTI Guru dengan topik Satu Guru Satu Buku pada hari Sabtu dan Minggu lalu.

Kegiatan workshop yang digelar oleh lembaga P3SDM Melati tersebut, adalah kegiatan kedua. Sebelumnya dilaksanakan di SD Tunjungsekar 3 yang diikuti oleh guru dari berbagai sekolah. DI SD Bandungrejosari 2, peserta worksahop berjumlah 15 orang, yang terdiri dari guru-guru setempat dan guru yang berasal dari sekolah lainnya.

Kegiatan selama dua hari yang dipandu langsung oleh pemilik lembaga P3SDM Melati tersebut, dirasakan peserta cukup memberi pencerahan. Pentingnya keterampilan menulis, dirasakan langsung oleh peserta dengan praktek menulis artikel.

Salah seorang narasumber workshop, Santy Fidrianna yang juga penulis buku To Mekkah with Love menjelaskan, kebiasaan menulis adalah kebiasaan yang perlu dibangun terus-menerus. Ia menjelaskan bagaimana kisahnya menjadi sebuah buku. Perjalanan umroh yang dilaluinya dijadikan karya tulis yang menarik untuk dibaca semua orang.

Sementara itu, narasumber selanjutnya yang juga pimpinan P3SDM Melati, Nova Indra, menjelaskan terkait bagaimana cara menulis yang baik dan mudah. Peserta diberi trik mudahnya menulis dengan penejalsan yang ringan dan jelas.

Sebagai penulis buku dan novel, ia pun dapat memberikan pencerahan kepada peserta, untuk lebih semangat menulis karya ilmiah. Bagi peserta yang sebelumnya tidak pernah menyentuh dunia kepenulisan, bisa dipastikan merasa kesulitan di awal. Namun karena bimbingan diberikan lebih ringan dan mampu memotivasi, seluruh peserta men jadi semangat dan dapat menghasilkan karya tulis. Dan diyakini, setiap peserta merasakan dampak positif dari kegiatan tersebut. Semoga sukses dan ilmu hari ini bisa mendapat ilmu yang barokah. Aamiin….

Penulis: Wiwik Puji Wahyuning Nastiti, A. Ma (Guru SDN Bandungrejosari 2 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment