Pemetaan Potensi UMKM di Tanah Datar, P3SDM Melati Gandeng Rumah Wira Usaha

By Redaksi 07 Nov 2019, 21:06:47 WIB Daerah
Pemetaan Potensi UMKM di Tanah Datar, P3SDM Melati Gandeng Rumah Wira Usaha

WPdotCOM, Batusangkar, -- Menghadirkan program kerja yang menguntungkan masyarakat, adalah salah satu tujuan dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (P3SDM) Melati.

Melalui unit-unit kegiatannya, lembaga yang bergerak di berbagai bidang tersebut, terus kembangkan potensi yang dimiliki untuk mengiatkan peningkatan sumber daya di daerah-daerah. Bukan saja di bidang literasi menulis yang sangat dibutuhkan di dunia pendidikan, juga pada literasi teknologi informatika dan komunikasi, serta beragam penelitian yang dinaungi unit P3SDM Melati Research Center.

“Saat ini kita fokus untuk pendampingan masyarakat di bidang literasi politik dan pembangunan. Ada beberapa daerah yang sedang kita garap untuk bidang ini. Salah satunya adalah Kabupaten Tanah Datar di Sumatera Barat,” demikian ujar Nova Indra, pimpinan P3SDM Melati yang juga aktif sebagai peneliti  peningkatan SDM.

Menurut Nova, salah satu gerakan utama yang sedang dilakukan oleh unit P3SDM Melati Research Center di Tanah Datar adalah perancangan program pengembangan potensi sosial kemasyarakatan dan ekonomi. Untuk bidang ini, sedang dilakukan pemetaan potensi UMKM dalam bentuk klaster.

“Membangun dan meningkatkan potensi masyarakat di bidang sosial khususnya ekonomi, tentunya tiap wilayah memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut akan bernilai positif bila dilakukan kajian secara tepat. Salah satunya dengan menajamkan kajian berbasis klaster. Jadi, menurut kajian kami, upaya perbaikan potensi ekonomi masyarakat harus dilakukan dengan sistem ini. Tidak bisa disamakan,” imbuhnya.

Bekerjasama dengan Yayasan Rumah Wira Usaha yang saat ini intens dengan program UMKM di Tanah Datar, ke depan akan dilakukan berbagai kegiatan yang menyertakan pengusaha kecil dan pengusaha rumahan.

“Benar. Kami sedang menjalankan program ini untuk kepentingan masyarakat. Melihat kondisi yang ada, saat ini pengusaha kecil dan rumahan di Tanah Datar membutuhkan perpanjangan tangan dalam peningkatan usaha. Hal ini bukan terkait dengan permodalan, namun bisa jadi pada sisi marketing dan teknik pengembangannya,” demikian ujar Ali Ardi, salah seorang pendiri Rumah Wira Usaha kepada media ini melalui pesan singkatnya, Kamis (7/11).

Ali Ardi menjelaskan, lemahnya daya saing UMKM di Tanah Datar adalah bukti bahwa selama ini pemangku kepentingan belum melakukan hal yang tepat.

“Pemerintah seharusnya memiliki program yang terukur dan tepat untuk ini. Pengembangan UMKM di Kabupaten Tanah Datar yang memiliki wilayah cukup luas dengan keanekaragaman karakter masyarakat serta potensi wilayahnya, tentunya harus disentuh dengan cara yang berbeda pula,” terangnya. (ni/tim)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment