Pendidik Handal, Ciptakan Masa Depan Generasi Bangsa yang Maju

By Redaksi 28 Agu 2017, 22:29:39 WIB Suara Guru
Pendidik Handal, Ciptakan Masa Depan Generasi Bangsa yang Maju

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Sejak kecil, tidak pernah terbersit sedikitpun  di pikiran untuk berkecimpung di dunia pendidikan. Bahkan sampai bercita -cita menjadi seorang guru, tak terbayangkan sama sekali.

Hal tersebut dilatarbelakangi karena dari kecil saya adalah salah satu siswa yang tidak rajin belajar. Suatu hari, entah karena kebetulan atau memang sudah  jalan hidup, akhirnya saya berkecimpung di dunia pendidikan dan menjadi seorang guru .

Pertama, saya mengabdi  di SDN Bandungrejosari 6. Saat itu saya diamanahi untuk mengajar kelas 2. Setelah saya menjadi guru, hal yang pertama kali muncul di pikiran saya, ternyata mengajar  tidak sesulit pada saat kita menjadi seorang murid. Banyak pengalaman unik yang kita dapatkan pada saat mengajar.

Adakalanya sebagai seorang guru, dihadapkan pada anak yang manja, malas, dan anak ingin diperhatikan dan cenderung nakal.  Suatu hari, kita akan dihadapkankan pada perilaku anak yang nakal melebihi dari kenakalan anak  seusianya, kesabaran dan ketelatenan sebagai guru mulai diuji. Dari kejadian ini kita sebagai pendidik muai berfikir, tidak semua anak nakal harus di hadapi dengan bentakan dan suara yang keras. Adakalanya anak seperti  itu bisa kita ajak berbicara dari hati ke hati. Yang akhirnya ia akan  sadar, bahwa perilakunya selama ini tidak benar dan merugikan orang lain. 

Menyikapi  semua kejadian inilah yang unik di dunia kerja kita sebagai guru,  yang mungkin di profesi  lain tidak mengalaminya.  Kita harus semakin cinta pada  dunia pendidikan. Cinta kita pada dunia pendidikan harus ditunjukkan  dengan  cara  meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seorang pendidik,  yang didukung dengan program yang  baik dan bermutu dari pemerintah.

Apabila semua sudah terjalani dengan seimbang,  kita yakin pendidikan di negara kita akan semakin maju . Karena pendidikan merupakan ujung tombak dari kemajauan suatu bangsa. Jika pendidikan kita sudah bermutu, maka ke depannya negara ini dipastikan semakin maju pula, dan disegani negara lain.    

Penulis: Sri Handayani (Guru SDN Bandungrejosari 2 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment