Pendidikan Masa Depan Bersama Mendikbud Milenial

By Redaksi 27 Nov 2019, 18:32:29 WIB Artikel Ilmiah
Pendidikan Masa Depan Bersama Mendikbud Milenial

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Google Image)


WPdotCOM -- Pendidikan Indonesia memasuki babak baru. Dilantiknya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) termuda sepanjang sejarah, membawa sejuta harapan.

Bicara tentang pendidikan tidak akan pernah habisnya, karena pendidikan adalah tiang dari kemajuan suatu bangsa. Tolak ukur dari sebuah negara yang maju, dan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM)  yang berkarakter, terampil, cakap, tangkas, dan siap untuk mengikuti perkembang dunia yang makin pesat dengan ilmu teknolginya, tentunya dihasilkan oleh dunia pendidikan.  

Mendikbud Indonesia Nadiem Anwar Makarim, yang sangat viral dengan ilmu teknologinya sebagai pengusaha muda yang juga merupakan perintis Gojek. Dengan sebuah kata yang berhubungan dengan pendidikan yaitu “pentingnya mempersiapkan generasi muda agar tak tertinggal di masa depan, salah satunya yaitu dengan mengubah minsed dan sistem pendidikan” pendidikan yang berbasis kompetensi dan berkarakter.

Dan bahkan orang nomor satu di Indonesia Joko Widodo pun berharap bahwa bapak mendikbud merombak sistem pendidikan dengan mengadakan dobrakan-dobrakan dalam dunia penddikan khusunya sistem pendidikan.Dengan catatan bahwa kecanggihan teknologi yang akan dititik beratkan disini,namun bukan bearti menggantikan fungsi guru dalam proses pembelajaran,tetapi kecanggihan teknologi hanya membantu guru untuk mempermudah kegiatan guru dalam melakukan proses pembelajaran,dan membuat peserta didik semangat,tertarik,  dalam proses belajar mengajar. Karena seyogyanya peran guru itu tidak akan pernah tergantikan oleh kecanggihan teknologi.

Kita harus memandang netral dan  realistis serta positif terhadap kemajuan teknologi dan informasi, karena teknologi itu hanya alat, yang mempermudah kita sebagai guru untuk melaksanakan kegiatan kita baik dalam proses belajar mengajar maupun untuk administrasi kita. Kemajuan teknologi dan informasi bisa kita mamfaatkan untuk mempermudah kita dalam mencapai tujuan pembelajaran dan tujuan pendidikan yang kita harapkan.

Sebagai pendidik yang berdiri di garis terdepan demi mewujudkan dan melahirkan generasi penerus yang mampu mewujudkan kemajuan dalam berbangsa dan bernegara, dan tidak lupa pula lingkungan masyarakat yang juga ikut serta dalam meningkatkan mutu pendidikan kita di negara kita ini kelaknya.

Demi membentuk generasi penerus bangsa yangmempunyai akhlak, karakter, tabiat, tingkah laku, yang sesuai dengan ajaran agama, dan mengantongi pola 4C, serta cinta akan Literasi.Guru sebagai tenaga pendidiknya pun meski siap menjadi guru abad 21 demi kelangsungan yang terbaik daalam proses belajar mengajar sehingga menjadi seorang pendidik yang selalu dirindukan oleh peserta didiknya. Sesuai juga dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.

Pendidikan di era industri 4.0 ini merupakan tantangan yang sangat berat bagi guru yang ada di Indonesia. Jika pada era milenial ini kita sebagai tenaga pendidik tidak merubah cara mendidik,mengajar,dan tidak mau belajar maka sulit bagi kita untuk mewujudkan generasi penerus yang diharapkan pada Indonesia emas pada tahun 2045 tersebut.

Dengan hadirnya seorang Mendikbud yang lahir di era milenial ini insya allah kita bisa memajukan pendidikan di Indonesia. Seperti halnya yang sudah dilakukan oleh pemerintahan terhadap dunia pendidikan sebelumnya yaitu diantaranya adalah adanya Penguatan Pendidikan Penguatan Karakter (PPK), adanya Gerakan Literasi, baik di rumah maupun di sekolah dan di lingkungan masyarakat.

Dengan datangnya Mendikbud yang pas pada pendidikan milenial ini, yang dengan tidak menghilangkan program Mendikbud yang sebelumnya. Dengan semangat muda Menteri dan gagasan bernasnya dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Dan dengan adanya semangat dari guru Indonesia yang mau belajar seperti anak didiknya, Mendikbud Milenial inipun semangat dan optimis bahwa pendidikan Indonesia pasti akan mengalami kemajuan.

Gembrakan itu dengan sesuai dengan yang diharapkan dengan yang diharapkan oleh Presiden Republik Indonesia. Hal pertama yang di prioritaskan oleh Mendikbud adalah pembelajaran anak, dipastikan bahwa peraturan dan dana pendidikan harus diserap oleh siswa, pastinya bantuan dana pendidikan benar-benar mengena sasaran. Struktur kependidikan internal maupun eksternal harus mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Menggerakan nrevolusi mental,untuk pendidikan karkter melalui kurikulum pendidikan dan pembelajaran guru. Pengembangan teknologi untuk membantu guru dalam menjalankan pendidikan.

Dengan memberikan perhatian terhadap kesejahteraan guru sebagai pendidik, baik PNS Maupun non PNS, maka akan membuat pendidik lebih akan tenang dengan penghasilan yang dibutuhkan juga untuk memenuhi kebutuhan kehidupan dan untuk meningkatkan kompetensinya agar menjadi pendidik yang mampu untuk mengikuti perubahan zaman dan sistem pendidikan.

Seorang pendidik mestinya memiliki seni dalam menghadapi tantangan yang ada dalam dunia pendidikan ini. Karena seni itu merupakan kompetensi individu yang tidak bisa dipisahkan dari karakter seseorang. Dan bahkan seni merupakan sarana yang paling tepat untuk membangun masa depan bangsa. Seni merupakan ekspresi manusia yang tidak bisa diabaykan dalam pendidk karakter dalam sistem pendidikan Indonesia.

Penulis: Reflaini (Kepala Sekolah  SDN 14 Kamang Sijunjung)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment