Pengembangan Kompetensi Guru di Bidang Kepenulisan

By Redaksi 28 Agu 2017, 13:34:22 WIB Suara Guru
Pengembangan Kompetensi Guru di Bidang Kepenulisan

Keterangan Gambar : Ilustrasi (Sumber Google)


WPdotCOM -- Peranan kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja dan peningkatan kualitas guru yang menjadi tombak pendidikan.

Besarnya dukungan kepala sekolah terhadap peningkatan kualitas guru, tentunya tidak akan seimbang tanpa adanya semangat guru untuk bisa lebih maju. Tingginya semangat para guru untuk mengasah kemampuan menulis membutuhkan suatu wadah dan tempat mengasah yang mendukung.

Kegiatan workshop tentang penulisan karya ilmiah, merupakan salah satu wahana yang tepat bagi guru untuk mengasah kemampuan di bidang tulis menulis. Di antara sekian banyak kondisi yang ada, dukungan kepala sekolah memberi peranan yang sangat besar untuk mendobrak keterbatasan pendidik.

Pandangan dan wawasan yang disampaikan oleh para pembimbing kegiatan, sangat membantu mengatasi keterbatasan dan terbukanya mata hati dan pikiran, untuk selalu berusaha lebih baik bagi diri sendiri dan lingkungan. Keterbatasan otak dan pikiran yang selama ini terkungkung dalam ketidakmandirian, terhempas sudah dalam wadah yang tanpa batas.

Penulisan karya ilmiah, yang semula dipandang sebagai ‘momok’ menakutkan, diharapkan akan terhapus dengan digalakkannya workshop penulisan karya tulis ilmiah seperti yang digelar di SD Negeri Bandungrejosari 2 akhir pekan lalu.

Ternyata, menulis bukanlah hal sulit seperti yang dibayangkan dalam benak para pendidik, yang selama ini selalu beralasan tidak memiliki cukup waktu. Menulis menjadi begitu menyenangkan hanya dengan menyisihkan waktu sedikit saja dalam keseharian yang disibukkan dengan rutinitas tanpa jeda.

Menjadi guru penulis, sebuah profesi ganda yang kiranya mampu menjembatani pemikiran dan ide-ide kreatif yang terpendam selama ini. Menulis ternyata memerdekakan jiwa yang terkungkung oleh kebiasaan dan peradaban yang kadang tak semestinya.

Inilah kiranya pengejawantahan salah satu tugas pokok dan fungsi kepala sekolah. Sebagai pengayom dan pemegang tampuk manajemen satuan pendidikan, diharapkan terus menjadi pioneer kemajuan pemberdayaan potensi pendidik yang dikelolanya.

Penulis: Ninik Nurwijayanti (Guru SD Negeri Bandungrejosari 2 Kota Malang




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment