Permahaman Konsep IPA, Dibutuhkan Siswa untuk Lebih Mendalami Materi Ajar

By Redaksi 23 Apr 2018, 09:06:45 WIB Ilmu Pengetahuan & Teknologi
Permahaman Konsep IPA, Dibutuhkan Siswa untuk Lebih Mendalami Materi Ajar

WPdotCOM -- Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alama (IPA), mencakup pengetahuan tentang makhluk hidup dan benda tak hidup.

Manusia tergolong makhluk hidup yang tersusun atas berbagai sistem. Tiap system, terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsi yang berbeda. Organ-organ tersebut, akan membentuk system organ. Kelainan pada satu organ, bisa mempengaruhi kerja dalam suatu system organ tersebut.  

Pada proses pembelajaran, siswa sering kesulitan dalam memahami system peredaran darah. Dalam materi itu, siswa harus memahami fungsi penting darah bagi tubuh. Diantaranya sebagai media pengangkut sari makanan, dan mengedarkannya ke seluruh tubuh. Juga mengangkut oksigen dari paru-paru, serta mengedarkannya ke seluruh tubuh, dan mengambil karbondioksida dari seluruh tubuh untuk dibawa ke paru-paru. Darah juga berfungsi menjaga kesetabilan suhu tubuh, serta  membunuh kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Selain siswa perlu memahami komposisi darah. Terdapat tiga macam sel darah yaitu: 1) sel darah merah, yang tidak memiliki inti sel dan mengandung hemoglobin. Fungsi hemoglobin adalah untuk mengikat oksigen dan karbondioksida dalam darah. 2) Sel darah putih, bentuknya tidak teratur, fungsinya sebagai pertahanan tubuh dari serangan penyakit. 3) Keping darah (trombosit), berbentuk bulat atau lonjong. Keping darah berfungsi pada proses pembekuan darah. Saat terjadi luka, darah keluar melalui luka tersebut. Keping darah menyentuh permukaan luka, lalu pecah mengeluarkan trombokinase. Trombokinase yang dibantu ion kalsium,  akan mengubah protrombin menjadi thrombin. Trombin diperlukan untuk mengubah fibrinogen menjadi fibrin, luka akan ditutup oleh benang-benang fibrin.

Golongan darah juga merupakan hal penting yang harus dipahami oleh siswa. Siswa harus mengetahui golongan darahnya sejak dini, karena jika terjadi suatu kecelakaan misalnya, dapat segera diatasi jika sudah mengetahui golongan darahnya.

Berdasarkan salah satu system penggolongan darah, dikelompokkan menjadi 4 golongan yaitu: golongan darah O, golongan darah A, golongan darah B, dan golongan darah AB. Golongan darah O disebut golongan darah universal, dan golongan darah AB disebut resipien universal.

Alat peredaran darah manusia tersusun atas: 1) jantung yang terbagi atas empat ruang yaitu serambi kiri, serambi kanan, dan bilik kiri, serta bilik kanan. 2) Pembuluh darah berdasarkan aliran darah. Pembuluh darah dibedakan menjadi 2 yaitu pembuluh nadi dan pembuluh balik. Pembuluh balik besar dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh balik besar atas (untuk mengembalikan darah dari kepala dan tangan), dan pembuluh balik besar bawah untuk mengembalikan darah dari kaki dan badan.

Pada proses belajar, terkadang siswa mengalami kesulitan dalam memahami system peredaran darah pada manusia. Sistem peredaran darah pada manusia dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu: peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Penulis: Eniek Prasetyowati Ningsih, S.Pd




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

  1. Hidayah Susatri 23 Apr 2018, 12:55:40 WIB

    Semangat Bu Eniek, buktikan bahwa ibu bisa mengatasi dan mencari solusi dari kesulitan yang dialami siswa ibu.

View all comments

Write a comment