Persiapkan Peserta Didik yang Sehat, Guru Akan Dimudahkan dalam Mengajar

By Redaksi 05 Feb 2018, 19:00:08 WIB Opini
Persiapkan Peserta Didik yang Sehat, Guru Akan Dimudahkan dalam Mengajar

WPdotCOM -- Dari tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Sebagai pengajar kita tidak bisa lepas dengan peserta didik.

Tugas sebagai guru adalah mendidik mereka untuk mewujudkan cita-cita mulia, yaitu mencerdaskan pendidikan bangsa. Menurut penulis, hal yang harus kita siapkan adalah kesehatan jasmani terlebih dahulu dalam mendidik peserta didik. Karena apabila jasmani sehat, tentunya meraka siap untuk menerima pelajaran di sekolah. Untuk mendapatkan kesehatan jasmani yang perlu di perhatikan adalah kesehatan tubuh dan lingkungan.

Kesehatan tubuh bisa didapatkan dengan cara, rajin mandi dengan sabun minimal 2 kali sehari, rajin keramas dengan shampoo minimal 2 minggu sekali, rajin membersihkan telinga, dan memotong kuku. Selain itu, juga harus teratur menyikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur, mengganti baju setiap hari, makan makanan bergizi yang terbebas dari 5P, yaitu Pemanis, Pengawet, Perasa, Penyedap, dan Pemutih, aktif berolahraga, serta mencuci tangan sebelum makan, dan kegiatan lain yang positif bagi tubuh.

Apabila hal-hal tersebut diperhatikan oleh pendidik, tentunya akan siap mengajar peserta didik. Karena apabila pemebelajaran tentang kesehatan tubuh peserta tidak mendapatkannya di rumah, guru bisa memberikannya di sekolah. Termasuk dengan memberikan pengetahuan dan praktek di sekolah. Misalnya, setiap hari Senin guru mengecek kebersihan rambut, telinga, baju, gigi dan kuku. Guru juga memberikan pengawasan saat pelajaran olahraga dan senam di sekolah. Apakah peserta didik bersungguh-sungguh dalam kegiatan tersebut. Tentunya itu bukan hal yang mudah, akan tetapi perlu ketelatenan bagi guru untuk tidak jemu mengingatkan peserta didik, agar menjaga kesehatan tubuhnya.

Ingatkan juga peserta didik untuk selalu rajin makan makanan bergizi 3 kali sehari. Terutama sarapan yang sering mereka lupakan. Karena sarapan merupakan sumber tenaga untuk mengawali hari dalam melakukan aktivitas perfikir dan aktivitas fisik. Makanan bergizi sangat penting bagi peserta didik usia sekolah, karena mereka sedang masa pertumbuhan. Apa yang mereka konsumsi akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang mereka.

Berikan pengetahuan tentang makanan bergizi yang baik di konsumsi bagi mereka, dengan gizi seimbang tentunya. Yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Berikan informasi tentang makanan yang tidak baik untuk mereka konsumsi. Karena dengan begitu, peserta didik akan berfikir untuk memilah dan memilih makanan yang meraka konsumsi. Sekolah juga harus memfasilitasi hal tersebut, dengan mengontrol makanan yang dijual di kantin, maupun di sekitar lingkungan sekolah.

Selain kesehatan tubuh, juga perlu menyadarkan peserta didik untuk menjaga kesehatan lingkungan. Karena apabila lingkungan sehat, akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Beri pengetahuan peserta didik untuk menjaga kelestarian, kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Hal-hal tersebut antara lain, tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak tanaman, dan aktif melakukan penghijauan, serta rajin membersihkan rumah dan sekolah  seperti menyapu, mengepel dan lainnya.

Apabila kita sudah menyiapkan peserta didik untuk menjaga kesehatan tubuh dan lingkuan. Tentu mereka siap dalam menerima pembelajaran. Saat peserta didik siap jasmaninya, tentu akan mudah bagi guru dalam memberikan pengajaran.

Penulis: Ely Kristiyana Cahyaningtrang, S.Pd (Guru SD Negeri Gadang 1 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment