Pondok Ramadhan Ala SMK Telkom Malang, Ada Lomba Desain Religi

By Redaksi 15 Jun 2017, 10:52:51 WIB Liputan Khusus
Pondok Ramadhan Ala SMK Telkom Malang, Ada Lomba Desain Religi

Keterangan Gambar : Salah satu hasil desain religi siswa SMK Telkom Malang (Dok. SMK Telkom Malang)


Malang, WPdotCOM – Pondok Ramadhan, pembinaan mental spiritual selama bulan suci itu digelar di berbagai tempat dan institusi.

Ada yang menggelarnya sepekan penuh, ada pula yang melakukannya dengan kegiatan tadabbur alam seperti museum Islam. Beragamnya bentuk dan model kegiatan itu, diyakini mampu memberikan hal positif bagi peserta kegiatan.

Di SMK Telkom Malang lain lagi, bulan Ramadhan tahun ini, Pondok Ramadhan digelar dengan tema Spirit Ramadhan. Ada yang terlihat berbeda dari kegiatan serupa di sekolah-sekolah lain.

Bila di sekolah dan lembaga lain, Pondok Ramadhan diisi dengan tausiyah dan pendalaman keagamaan melalui pembelajaran yang dipandu oleh para ustadz dan ustadzah, di SMK berbasis IT pertama di Indonesia ini, Pondok Ramadhan benar-benar disesuaikan dengan muatan isi sekolah yang berdiri sejak tahun 1992 itu.

“Iya memang Pondok Ramadhan di SMK Telkom Malang seperti ini. Tahun ini, selain dengan mengedepankan pembinaan keagamaan, kita juga isi dengan lomba Desain Religi,” demikian ungkap Santy Fidrianna, Kepala Urusan Promosi SMK setempat saat dikonfirmasi Warta Pendidikan, Kamis (15/6).

Lebih lanjut Santy menjelaskan, Desain Religi adalah lomba yang dikemas dalam bentuk kegiatan berbasis IT. Masing-masing kelas mengirimkan 3 orang perwakilannya. Ada 24 kelas yang mengikuti kegiatan ini selama dua hari sejak kemarin dan akan berakhir hari ini.

Hasil dari kreasi dan desain yang dibuat oleh masing-masing perwakilan, dengan sistim pelaksanaan on the spot, dimana seluruh tim membuat desain mereka di tempat dan waktu yag ditentukan oleh panitia, dan langsung diawasi oleh tim juri.

Bagi hasil desain terbaik, nanti setelah kegiatan selesai, akan dipajang di masjid sekolah. Dan kepada para pemenang akan diberikan reward berupa hadiah yang sudah disiapkan panitia kegiatan.

“Selain lomba desain religi itu, kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini diisi dengan materi pembinaan yang beragam. Ada materi nasionalisme, patriotisme dan tentunya materi-materi asupan keagamaan,” jelas Santy lagi. (sn)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment