PSB SMK Telkom Malang 2017-2018 Sukses Tes 800 Casis Gelombang Pertama

By Redaksi 14 Apr 2017, 10:32:27 WIB Liputan Khusus
PSB SMK Telkom Malang 2017-2018 Sukses Tes 800 Casis Gelombang Pertama

Keterangan Gambar : Presiden Joko Widodo (Jokowi)


Reporter: Santy Fidrianna, SE

Editor: d’Nouvelle

Kota Malang – Memasuki program penerimaan siswa baru (PSB) SMK Telkom Malang tahun pelajaran 2017-2018, tes gelombang satu sukses dilaksanakan. Sebanyak 800 calon siswa mengikuti tes pada tanggal 5 Maret 2017.

Tes pada gelombang pertama yang diselenggarakan sedemikian rupa oleh sekolah kejuruan kebanggaan masyarakat Jawa Timur itu, telah ditutup sehari sebelumnya. Dan dari jumlah pendafftar yang teregistrasi sebanyak 1179 orang, 800 orang calon siswa telah diverifikasi untuk mengikuti gelombang pertama tes masuk SMK Telkom Malang.

“Ini adalah tes akademik gelombang pertama. Hingga kemarin, kita telah terima 1179 pendaftar. Dari jumlah itu, sebanyak 800 orang terverifikasi untuk mengikuti tes hari ini. Mereka terdiri dari 532 calon siswa putra dan 268 calon siswa putri,” demikian ungkap Santy Fidrianna, kepada Warta Pendidikan di sela-sela kesibukannya sebagai Wakil Ketua PSB di lokasi kegiatan, Ahad (5/3).

Mengenai materi tes akademik, masih menurut Santy yang juga menjabat sebagai Kepala Urusan Promosi, sekaligus guru kewirausahaan SMK Telkom itu, masing-masing peserta mengerjakan 100 soal tes. Soal tes itu terdiri dari materi pelajaran matematika, Mahasa Inggris dan Fisika.

“Seluruh peserta tes, diberikan waktu tiga jam. Mulai dari pukul 8 hingga pukul 11 siang, calon siswa menjawab soal-soal tes dengan perlengkapan yang disediakan oleh panitia PSB,” imbuhnya.

Dari seluruh calon siswa yang mengikuti tes akademik gelombang pertama itu menurut paparan Santy, akan dilanjutkan dengan tes wawancara, kesehatan dan kesemaptaan pada tanggal 11 Maret nanti. “Jadi tes hari ini belum menentukan kelulusan calon siswa untuk diterima bersekolah di SMK Telkom Malang,” terang Santy lagi.

Untuk tes kesehatan, masing-masing calon siswa akan melalui pemeriksaan terkait dengan cek narkoba, buta warna, dan tato atau tindik. Sedangkan untuk tes kesemaptaan, calon siswa akan dites kemampuan fisiknya, termasuk keterampilan baris berbaris, lari dan push-up.

Sementara itu, pada bagian tes wawancara, bukan hanya calon siswa yang akan menjalaninya. Orang tua calon siswa akan ikut diwawancarai. Hal itu dilakukan karena proses pendidikan di SMK Telkom Malang ditekankan pada bakat dan minat siswa. Selain itu juga terkait dengan pembiayaan yang dapat saja muncul dalam proses pembelajaran selama yang bersangkutan menjadi siswa di sekolah tersebut.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan tes akademik ini berjalan lancar sesuai rencana. Dan kepada seluruh tim PSB yang telah menunjukkan kinerjanya dengan baik, kami menggucapkan terimakasih. Masih ada tugas yang menanti di depan. Karena pendaftaran gelombang kedua akan dibuka pada 2 April mendatang,” pungkas Santy. (*)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment