Sahabatku Trigger Semangat Menulisku

By Redaksi 12 Nov 2017, 09:07:21 WIB Sekolah Indonesia Menulis
Sahabatku Trigger Semangat Menulisku

Keterangan Gambar : Peserta dan Narasumber Workshop Menulis Angkatan 7 Kota Malang (dok. P3SDM Melati)


WPdotCOM -- Alhamdulillahirabbilalamin, segala puji bagi Allah, yang telah memberikan rahmat, nikmat, dan hidayah kepada hambanya. Sehingga saya dipertemukan dengan teman, sahabat saya Helina Tusa Adiyah.

Pertemuan itu membawaku ke komunitas orang-orang pintar. Mereka adalah orang yang punya semangat untuk maju, yang punya semangat untuk belajar, yang punya semangat berkompetisi. Akhirnya mantaplah keinginan saya untuk bergabung di P3SDM Melati. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi langkah awal terkabulnya keinginan untuk bisa menulis.

Tempat ini adalah tempat ketiga yang saya datangi untuk belajar menulis. Di pertemuan pertama, belum ada gambaran bagaimana harus menulis. Ibarat orang ingin menuju suatu tempat, tetapi tidak mengetahui jalannya, dan tidak memiliki sarana untuk menuju tempat tujuan.

Ada lagi kesempatan kedua untuk belajar menulis, pun saya bergabung dan mengikuti kegiatan tatapmuka. Bahkan, saat itu saya yang ditunjuk untuk bercerita tentang permasalahan yang saya hadapi di sekolah.

Saat itu pula, saya menceritakan kondisi guru-guru di sekolah tentang administrasi atau perangkat megajar. Dan, ketika itu pula secara pribadi sudah bisa merumuskan beberapa masalah, yang akhirnya diangkat menjadi sebuah judul PTS. Bahkan teman-teman yang hadir saat itu, bisa mengambil judul yang sama.

Pertemuan singkat itu sudah menghasilkan pembuatan judul PTS, yang selanjutnya diberikan sebagai PR, dan diharapkan untuk terus konsultasi. Dan alhamdulillah, saya sudah sempat menyelesaikan sampai bab 3, dan sudah dikonsultasikan. Dan di situ banyak yang harus saya revisi.

Entah kenapa selanjutnya saya tidak merevisinya. Hingga tidak pernah membuka grup dimana saya bergabung untuk menulis. Bahkan saya merasa tidak bisa apa-apa dengan tulisan saya.

Suatu ketika saya mengikuti pertemuan, dimana kegiatann itu mengharuskan seseorang mendaftar sebagai Kepala Sekolah berprestasi, yang di dalamnya ada persyaratan, antara lain wajib  memiliki Karya Tulis Ilmiah (KTI). Betapa malunya karena belum bisa menghasilkan sebuah karya. Dari situ saya punya keinginan untuk memulai menulis lagi.

Akhirnya gayung pun bersambut,  karena ada tawaran dan ajakan dari sahabat yang baik hati. Maka dengan rasa senang, saya melangkahkan kaki menuju SDN Bunulrejo 4, dimana dijadikan sebagai tempat workshop menulis.

Lebih senang lagi, ketika memasuki ruangan workshop, karena melihat teman-teman yang  duduk dengan asyik mendengarkan penjelasan dari narasumber. Saya masuk dengan hati yang senang, karena kami diperkenankan untuk bergabung di kelompok ini. Lebih-lebih lagi, karena narasumbernya menyampaikan materi dengan mantap, dan dengan pembuktian-pembuktian yang akurat.

Semakin kuat keinginan saya untuk bergabung dalam komunitsas ini. Dan Alhamdulillah,  kini saya mencoba menulis     tentang sekelumit pengalaman yang saya alami dalam aktivitas kepenulisan. Semoga bisa, san saya akan belajar, dan terus belajar. Aamiin

Penulis: Winayu, M.Pd. (Kepala SD Negeri Bunulrejo 5 Kota Malang)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment