Selenggarakan Ibadah Kurban di Sekolah, SDN Bandungrejosari 2 Sasar Penguatan Karakter

By Redaksi 03 Sep 2017, 15:49:58 WIB Daerah
Selenggarakan Ibadah Kurban di Sekolah, SDN Bandungrejosari 2 Sasar Penguatan Karakter

Keterangan Gambar : Suasana penyelenggaraan kurban di SDN Bandungrejosari 2 Kota Malang (dok. Grup)


Malang, WPdotCOM – Keikursertaan lembaga pendidikan dalam kegiatan Idul Adha marak dimana-mana. SD Negeri Bandungrejosari 2 Kota Malang pun tidak ketinggalan.

“Ini adalah kegiatan penting tahunan yang selalu kita upayakan terselenggara dengan baik.  Rutinitas sekali setahun ini sangat luarbiasa. Indahnya kebersamaan antara wali murid, pihak sekolah, dan masyarakat di lingkungan sekitar. Sungguh di luar dugaan,” demikian disampaikan Dyah Purnamastuti Ningrum, kepala sekolah setempat, Minggu (3/9).

Masih menurut Dyah, kegiatan kurban itu terlaksana atas kerjasama yang sangat erat semua elemen lembaga pendidikan serta masyarakat di lingkungan sekolah. Mulai dari pengumpulan dana, pembelian hewan kurban, penyembelihan, dan pembagian daging kurban, dilakukan secara gotong-royong.

Untuk tahun ini, kata Dyah lagi, dalam aktivitas penyelenggaran kurban, paguyuban dari setiap kelas menyediakan bermacam-macam  masakan untuk konsumsi seluruh panitia.

“Hal ini juga dalam rangka mendidik siswa yang ada. Penanaman penguatan pendidikan karakter (PPK) secara nyata dapat  dilakukan. Saat anak datang untuk menyaksikan penyembelihan hewan kurban, maka terbangunlah ke dalam diri mereka karakter religius. Sementara itu, pembagian daging kurban menguatkan karakter religius dan integritas. Gotong-royong yang ditunjukkan dalam kegiatan ini, menunjukkan betapa indahnya kebersamaan di SDN Bandungrejosari 2,” terang Dyah lagi.

Kegiatan kurban dengan jumlah hewan kurban 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing itu, nantinya akan dibagikan kepada keluarga besar SDN Bandungrejosari 2, serta masyarakat di lingkungan sekolah.

Menurut pantauan WARTA PENDIDIKAN, dan dari laporan guru-guru setempat, penyelenggaran kurban sangat disukai siswa. Hal itu ditandai dengan iringan pelaksanaan kurban dengan gema takbir yang dikumandangkan oleh siswa SDN Bandungrejosari 2.

“Besok siswa kita masih akan melaksanakan kegiatan lanjutan. Kita akan gelar acara makan bersama dari olahan daging kurban ini juga. Inilah indahnya kebersamaan setiap penyelenggaran kurban di SD Bandungrejosari 2 ,” ungkap salah seorang guru di lokasi. (*/sf)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment